Jumat, 19 Juni 2015

LEMBAR KERJA ARTIKEL ILMIAH UNTUK JURNAL



LEMBAR KERJA ARTIKEL ILMIAH UNTUK JURNAL
Jika anda ingin membuat artikel ilmiah untuk jurnal , mungkin anda bisa menggunakan Lembar kerja berikut (dari prof Masitoh) sebelum mulai menyusunnya. klik disini Semoga bermanfaat

PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK JURNAL



PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK JURNAL
Berikut Bahan ajarnya yang saya peroleh dari prof. Masitoh sewaktu pelatihan KTI, klik disini

Sabtu, 13 Juni 2015

OSN Matematika SMP 2014 Kab/kota

Soal OSN Matematika SMP tingkat Kabupaten 2014 disini

OSN Matematika SMP tingkat kabupaten tahun 2013

Soal OSN Matematika SMP tingkat kabupaten tahun 2013 disini

Soal OSN Matematika SMP 2012 Kota

Soal OSN Matematika SMP tingkat kabupaten tahun 2012 disini

Program Unggulan Sekolah Adiwiyata



PROGRAM UNGGULAN
SMP NEGERI 1 UNTER IWES
TAHUN PELAJARAN 2012/2013


A.           Latar Belakang

Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional telah menggulirkan Program Adiwiyata, yaitu Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan dengan harapan dapat mengajak warga sekolah melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpatisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya. Tujuan program ini adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Tujuan dari program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan .
Disamping itu, Indikator Program Adiwiyata yang dijabarkan dalam 4 kriteria itu jika dilaksanakan memiliki keuntungan yang besar bagi sekolah. Hal ini yang memberikan motivasi kepada kami pihak sekolah dalam mengikuti program adiwiyata ini.

Potensi yang dimiliki SMP Negeri 1 Unter Iwes sangat mendukung untuk mengikuti lomba Adiwiyata. Untuk itulah , kami menjadikan Sekolah Adiwiyata sebagai program unggulan sekolah untuk tahun pelajaran 2012/2013 dalam rangka meraih juara dalam lomba sekolah adiwiyata tingkat provinsi dan dapat mewakili NTB untuk tingkat nasional.

B.            Tujuan
1.      Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah.
2.      meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan actor.
3.      Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
4.      Menjadi tempat pembelajaran tentang nilainilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
5.      Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

C.      Deskripsi Program
Dalam rangka mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, SMP Negeri 1 Unter Iwes menyusun rencana kegiatan yang akan dicapai selama 4 tahun kedepan. Rencana kegiatan ini telah disusun pada Tahun Pelajaran 2009/2010, jadi telah berjalan selama 2 tahun.

1.  Tabel Rencana Kegiatan jangka menengah

A. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
Tujuan
Kegiatan
Sasaran
Output
Waktu
I
II
III
IV
Mengembangkan Visi dan Misi
Menyusun Visi dan Misi Sekolah Adiwiyata
Kepsek, Guru, Komite
Visi dan Misi tercantum dalam KTSP




Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwiyata
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasi Visi dan Misi Sekolah adiwiyata




Mengevaluasi pelaksanaan Visi dan misi Sekolah adiwiyata
Seluruh warga sekolah
Perbaikan atau revisi misi dan visi sekolah



Mengembangkan kurikulum Pendidikan Lingkungan hidup
Himbauan untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
Guru mata pelajaran IPA,IPS, Penjaskes,Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan diri
PLH terintegrasi dalam mata pelajaran tertentu




Menyusun Kurikulum Sekolah (KTSP) yang mengintegrasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan pengembangan diri
Kepsek, Guru dan Komite
Tersusunnya muatan PLH dalam mata pelajaran tertentu dalam KTSP




Pengembangan kurikulum pembelajaran PLH secara monolitik
Kepsek, guru dan komite
Adanya mata pelajaran PLH dalam muatan local



Melaksanakan kegiatan rutin tahunan yang bertema Lingkungan hidup
Penanaman pohon / penghijauan
Seluruh warga sekolah
Sekolah yang hijau dan rindang




Lomba kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya
Siswa
Kelas yang bersih dan sehat




Lomba mengarang / poster bertema Lingkungan
Siswa
Peningkatan kemampuan menulis dan pemahaman tentang LH



Peningkatan Kapasitas SDM warga sekolah
Seminar
Kepsek dan guru
Meningkatnya pemahaman tentang PLH




Lokakarya  / workshop
Kepsek dan guru
Meningkatnya keterampilan dalam mengelola LH




Studi Banding
Kepsek dan guru
Menambah pengetahuan tentang Adiwiyata



Sosialisasi penerapan PLH
Pengarahan pada saat upacara bendera
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasinya penerapan PLH




pengarahan pada saat rapat komite
komite / orang tua siswa
Tersosialisasinya penerapan PLH



efisiensi penggunaan air, listrik, alat tulis kantor

Meyusun surat keputusan tentang petunjuk pelaksanaan hemat SDA
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
Pedoman Hemat Sumber Daya Alam




Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasinya Pedoman Hemat SDA



Terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat
Menyusun surat keputusan tentang petunujuk pelaksanaan sekolah yang bersih dan sehat
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
Pedoman Budaya Bersih dan Sehat




Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasinya Pedoman Budaya Bersih dan Sehat



Mengalokasikan anggaran bagi kegiatan PLH
Penyediaan prasarana kebersihan
Sekolah
Lingkungan sekolah yang bersih




Pembelian pohon dan tanaman hias/bunga
Sekolah
Lingkungan sekolah yang hijau dan indah




Pelatihan bertema lingkungan hidup di sekolah
Kepsek, guru
Terampil dalam pengolahan sampah dan pembuatan kompos




B. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup
Tujuan
Kegiatan
Sasaran
Output
Waktu
I
II
III
IV
Mengembangkan kurikulum pembelajaran PLH
Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus mata pelajaran terintegrasi




Menyusun silabus mata pelajaran PLH
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
Silabus Mata pelajaran PLH



Mengembangkan materi PLH berdasarkan isu local
Menyusun silabus berisikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran terkait
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus berisikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran terkait




Menyusun silabus berisikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran PLH
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
Silabus berisikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran PLH



Mengembangkan materi PLH berdasarkan isu global
Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pelajaran terkait
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pelajaran terkait




Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pelajaran PLH
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
Silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pelajaran PLH



Mengembangkan metode pembelajaran PLH
Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi 
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus Mapel terintegrasi dan atau monolitik



Memanfaatkan sumber belajar PLH
Menyusun silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah




Menyusun silabus mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
Silabus Mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah



Mengimplementasikan hasil pembelajaran PLH dalam kegiatan kurikuler
Pencangkokan tanaman
Siswa
Siswa dapat mencangkok tanaman / pohon




Pengolahan sampah
Siswa
Siswa dapat mengelola sampah secara sederhana



C. Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
Tujuan
Kegiatan
Sasaran
Output
Waktu
I
II
III
IV
Mengembangkan kegiatan dalam ekstrakurikuler atau kokurikuler
Piket Kebersihan
Siswa
Ada jadwal kebersihan sekolah




Lomba Kebersihan kelas
Siswa
Meningkatnya motivasi siswa dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya




Masa orientasi Siswa Baru
Siswa
Siswa baru dapat mengenal tentang PLH




Lomba majalah dinding
Siswa
Meningkatnya kemampuan menulis siswa




Kemah Bakti
Siswa
Siswa dapat mempraktek kan matei PLH yang didapatnya



Mengadakan kegiatan-kegiatan LH yang melibatkan masyarakat sekitar
Penanaman Pohon / penghijauan 
Warga sekolah,   masyara kat sekitar
Teciptanya lingkungan Sekolah dan sekitarnya yang hijau




Seminar
guru diwilayah kecamatan unter iwes
Mensosialisasikan PLH kepada guru-guru sekolah lain



Mengikuti kegiatan LH yang diprakarsai pihak luar
Lomba Sekolah Sehat (UKS)
warga sekolah
Sekolah yang bersih dan sehat




Aksi penanaman sejuta pohon
warga sekolah, masyarakat sekitar
Lingkungan sekolah dan sekitarnya yang rindang




Lomba pidato bertema lingkungan
Siswa siswa di sekolah sekecamatan
Meningkatnya kemampuan berpidato dan pemahaman LH pada siswa



Melakukan kemitraan dengan pihak luar dalam pengembangan PLH
Penyusunan materi ajar lingkungan hidup
Guru dan pihak terkait
Tersusunnya materi ajar muatan acto PLH




D. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah Lingkungan
Tujuan
Kegiatan
Sasaran
Output
Waktu
I
II
III
IV
Memanfaatkan sarana pendukung sekolah sebagai media pembelajaran
pemanfaatan Rumah kaca
Siswa
Siswa dapat memanfaat kan rumah kaca




Pemanfaatan pohon/kebun
Siswa
Siswa dapat menanam/mencangkok dengan baik




Pembibitan
Siswa
Siswa dapat melakukan pembibitan tanaman




Pemanfaatan mesin pencacah sampah
Siswa
Siswa dapat melakukan pengelolaan sampah



Mengelola sarana dan prasarana sekolah yang ramah lingkungan
Pengaturan ruang kelas
siswa
Ruang kelas memenuhi syarat kesehatan




Pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh / penghijauan
warga sekolah
Lingkungan sekolah yang teduh dan rindang



Mengelola fasilitas sanitasi
Membuat jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi
siswa, guru, staf tata usah
Adanya jadwal/piket pengelolaan sanitasi




pengadaan bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas
warga sekolah
Tersedianya tempat cuci tangan bagi siswa dan guru




Penambahan WC siswa
warga sekolah
Tersedianya WC tambahan bagi siswa




Pembuatan penampungan air limbah
warga sekolah
Tersedianya tempat penampungan air limbah




Perbaikan saluran drainase
warga sekolah
Saluran drainasi yang lebih baik



Menghemat SDA
Membuat surat edaran penghematan SDA
Kepsek, guru, siswa
Surat Edaran penghematan SDA




Sosialisasi penghematan SDA
warga sekolah
Tersosialisasinya surat edaran penghematan SDA




Membuat himbauan-himbauan dilokasi tertentu
Kepsek, guru
Adanya poster/himbauan di lingkungan sekolah



Mengelola kantin dan atau makanan yang sehat
Mengangkat pengawas kantin
Kepsek, guru
Adanya SK pengawas kantin




Membuat tata tertib kantin
Kepsek, guru, pedagang kantin
Tata tertib kantin




Menyediakan tempat sampah terpisah
warga sekolah
Tersedianya Tempat sampah terpisah di kantin




Menyediakan tempat cuci tangan
siswa, pedagang kantin
Tersedianya bong tempat cuci tangan di kantin




Menempelkan poster/himbauan makanan sehat
Kepsek, guru, pedagang kantin
Adanya poster / himbauan makanan sehat di kantin



Mengelola sampah
Menyediakan tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruangan
warga sekolah
Tersedianya tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruang kelas dan guru




Membuat/menyediakan tempat penampungan sampah sementara
warga sekolah
Tersedianya bak sampah penampungan sementara




Membuat Piket kebersihan guru dan siswa
Guru, siswa
Jadwal / piket kebersihan




Pengolahan sampah sederhana
Siswa
Sampah yang telah diolah




2. Pelaksanaan Program Adiwiyata sampai Tahun Pelajaran 2011/2012

A. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
No
Kegiatan
Pelaksanaan
Sasaran
Hasil yang dicapai
Kendala pelaksanaan
Tindak lanjut
1
Menyusun Visi dan Misi Sekolah Adiwiyata
Juli 2009
Kepsek, Guru, Komite
Visi dan Misi tercantum dalam KTSP
-
Revisi jika diperlukan
2
Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwiyata
Juli 2009 – Juni 2012
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasi Visi dan Misi Sekolah adiwiyata
-
-
3
Himbauan untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
September 2009
Guru mata pelajaran IPA,IPS, Penjaskes,Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan diri
PLH terintegrasi dalam mata pelajaran tertentu
Penyesuaian dengan Silabus yang telah disusun secara bersama dalam MGMP
Penyesuaian Silabus dengan penambahan materi PLH
4
Penanaman pohon / penghijauan
Januari 2009
Seluruh warga sekolah
Sekolah yang hijau dan rindang
-
Dilakukan secara berkelanju  - tan
5
Pengarahan pada saat upacara bendera
setiap bulan
kepsek, guru
Tersosialisasinya penerapan PLH
-
-
6
pengarahan pada saat rapat komite
Rapat Komite bulan September 2009
Kepsek, komite / orang tua siswa
Tersosialisa sinya penerapan PLH
Tidak semua orangtua hadir
Diusahakan untuk menghadirkan seluruh wali murid
7
Meyusun surat keputusan tentang petunjuk pelaksanaan hemat SDA
Mei 2008
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
-
Revisi jika diperlukan
8
Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
Juni 2008 – Juni 2012
Seluruh warga sekolah
Tersosialisa sinya Pedoman Hemat SDA
-
-
9
Menyusun surat keputusan tentang petunujuk pelaksanaan sekolah yang bersih dan sehat
Mei 2008
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
-
Revisi jika diperlukan
10
Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
Juni 2008 – Juni 2012
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasinya Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
-
-
11
Penyediaan prasarana kebersihan
setiap Februari
Sekolah
Lingkungan sekolah yang bersih
Terbatasnya dana
kerjasama / mohon bantuan instansi terkait
12
Pembelian pohon dan tanaman hias/bunga
Februari 2011
Sekolah
Lingkungan sekolah yang hijau dan indah
Terbatasnya dana
kerjasama / mohon bantuan instansi terkait

B. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup

No
Kegiatan
Pelaksa naan
Sasaran
Hasil yang dicapai
Kendala pelaksanaan
Tindak lanjut
1
Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi
Setiap Juli
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus mata pelajaran terintegrasi
Masih kurang pemahaman tentang PLH
Diadakan pelatihan / seminar
2
Menyusun silabus berisikan materi isu lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait
Setiap Juli
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus berisikan materi isu lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait
Dalam penyesuaian dengan materi yang telah ditentukan
Disusun dengan mempertimbangkan masuknya materi isu lokal LH
3
Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada indikator mata pelajaran terkait
Setiap Juli
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus berisikan materi isu global LH pada indikator mata pelajaran terkait
Dalam penyesuaian dengan materi yang telah ditentukan
Disusun dengan mempertimbangkan masuknya materi isu global LH
4
Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi 
Setiap Juli
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus Mapel dengan metode pembelaja ran yang bervariasi
sarana yang terbatas untuk mendukung metode pembelaja ran
Diusahakan menambah sarana yang dapat digunakan untuk pembelaja ran
5
Menyusun silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
Setiap Juli
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus mata pelajaran dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
-
-
6
Pencangkokan tanaman
sesuai jadwal muatan lokal
Siswa
Siswa dapat mencangkok tanaman / pohon
-
-
7
Pengolahan sampah
sesuai jadwal muatan lokal
siswa
Siswa dapat mengelola sampah secara sederhana
Mesin pengolah sampah yang terbatas
Penambahan mesin pencacah sampah

C. Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
No
Kegiatan
Pelaksanaan
Sasaran
Hasil yang dicapai
Kendala pelaksanaan
Tindak lanjut
1
Piket Kebersihan
Setiap hari
Siswa
Ada jadwal kebersihan sekolah
-
Dilakukan secara berkelanju    tan
2
Lomba Kebersihan kelas
Setiap 3 bulan sekali
Siswa
Meningkat nya motivasi siswa dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya
-
Dilakukan secara berkelanju    tan
3
Penanaman Pohon / penghijauan yang melibatkan masyarakat 
Januari 2010
Warga sekolah,   masyarakat sekitar
Teciptanya lingkungan Sekolah dan sekitarnya yang hijau
Masih kurang kerjasama dengan masyarakat
Diusahakan adanya pendekatan yang lebih intensif dengan masyarakat
4
Lomba Sekolah Sehat (UKS)
Sesuai jadwal  Lomba
warga sekolah
Sekolah yang bersih dan sehat
Masih ada sarana yang kurang
Penamba han sarana prasarana
5
Aksi penanaman sejuta pohon
Januari 2010
warga sekolah, masyarakat sekitar
Lingkungan sekolah dan sekitarnya yang rindang
-
Terus diikuti setiap tahunnya

D. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah Lingkungan
No
Kegiatan
Pelaksanaan
Sasaran
Hasil yang dicapai
Kendala pelaksanaan
Tindak lanjut
1
pemanfaatan Rumah kaca
sesuai jadwal muatan lokal
Siswa
Siswa dapat memanfaatkan rumah kaca
kondisi bangunan
perbaikan bangunan
2
Pemanfaatan pohon/kebun
sesuai jadwal muatan lokal
Siswa
Siswa dapat menanam/mencangkok dengan baik
-
-
3
Pembibitan
sesuai jadwal muatan lokal
Siswa
Siswa dapat melakukan pembibitan tanaman
-
-
4
Pemanfaatan mesin pencacah sampah
sesuai jadwal muatan lokal
Siswa
Siswa dapat melakukan pengelolaan sampah
Jumlah yang terbatas
Diusahakan penambahan mesin
5
Pengaturan ruang kelas
setiap hari
siswa
Ruang kelas memenuhi syarat kesehatan
-
-
6
Pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh / penghijauan
setiap hari
warga sekolah
Lingkungan sekolah yang teduh dan rindang
-
Terus dipelihara
7
Membuat jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi
Setiap Juli
siswa, guru, staf tata usah
Adanya jadwal/piket pengelolaan sanitasi
Belum optimal dilakukan
Pengoptimalan jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi
8
pengadaan bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas
maret 2009
warga sekolah
Tersedianya tempat cuci tangan bagi siswa dan guru
-
Pemeliharaan dan penambahan jumlah
9
Penambahan WC siswa
Novem ber 2009
warga sekolah
Tersedianya WC tambahan bagi siswa
-
Diusahakan ada penambahan wc lagi
10
Pembuatan penampu ngan air limbah
sudah ada sebelum
nya
warga sekolah
Tersedianya tempat penampu ngan air limbah
-
-
11
Membuat surat edaran penghema tan SDA
September 2008
Kepsek, guru, siswa
Surat Edaran penghema tan SDA
-
Revisi jika diperlukan
12
Sosialisasi penghema tan SDA
Juni 2008 – Juni 2010
warga sekolah
Tersosialisasinya surat edaran penghema    tan SDA
-
-
13
Membuat himbauan-himbauan dilokasi tertentu
Juni 2008 – Juni 2010
Kepsek, guru
Adanya poster/himbauan di lingkungan sekolah
-
Akan diperbanyak lagi
14
Mengangkat pengawas kantin
Juli 2010
Kepsek, guru
Adanya SK pengawas kantin
-
-
15
Membuat tata tertib kantin
Juli 2010
Kepsek, guru, pedagang kantin
Tata tertib kantin
-
Revisi jika diperlukan
16
Menyediakan tempat sampah terpisah
April 2009
warga sekolah
Tersedianya Tempat sampah terpisah di kantin
-
Pemelihara an dan perbaikan
17
Menyediakan tempat cuci tangan
April 2009
siswa, pedagang kantin
Tersedianya bong tempat cuci tangan di kantin
-
Pemelihara an dan perbaikan
18
Menempel kan poster/himbauan makanan sehat
Oktober 2009
Kepsek, guru, pedagang kantin
Adanya poster / himbauan makanan sehat di kantin
-
Penamba han jumlah
19
Menyediakan tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruangan
April 2009
warga sekolah
Tersedianya tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruang kelas dan guru
-
Pemelihara an dan perbaikan
20
Membuat/menyediakan tempat penampu ngan sampah sementara
April 2009
warga sekolah
Tersedianya bak sampah penampu ngan sementara
-
Pemelihara an dan perbaikan
21
Membuat Piket kebersihan guru dan siswa
Setiap Juli
Guru, siswa
Jadwal / piket kebersihan
-
Terus berkelanju tan
22
Penampu ngan sampah sementara
April 2009
siswa
Tempat penampung Sampah sementara
Jumlah terbatas
Penamba han jumlah tempat penampu ngan sementara



D.      Faktor pendukung keterlaksanaan
Dalam mewujudkan Program Adiwiyata, SMP Negeri 1 Unter Iwes memiliki potensi yang sangat besar, yaitu :
1.      SMP Negeri 1 Unter Iwes merupakan Sekolah Sehat, yang telah mengikuti lomba Sekolah Sehat dan UKS selama 3 tahun berturut-turut dan pada tahun 2010 menjadi juara Pertama Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat dan menjadi wakil untuk tingkat SMP pada Tingkat Nasional. Hal ini sangat mendukung sekali dan berkaitan erat dengan Program adiwiyata karena mengenai kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah sudah tidak perlu diragukan lagi dan telah tertanam dalam pembiasaan warga sekolah.
2.      SMP Negeri 1 Unter Iwes secara fisik sangat indah, rindang dan nyaman dengan penataan lingkungan sekolah yang baik, berupa taman sekolah, pengelolaan sarana dan prasarana sekolah, kantin maupun pengeloaan sampah. Ini telah lama dilakukan dan terus berkelanjutan setiap tahun dengan mengadakan perbaikan dan penyempurnaan diberbagai tempat. Hal ini yang menjadi salah satu factor  SMP Negeri 1 Unter Iwes, sejak digulirkan Lomba Adiwiyata selalu menjadi juara Pertama di kabupaten Sumbawa.
3.      Dukungan yang besar dari semua warga sekolah. Adanya rasa kebersamaan untuk menjadikan SMP Negeri 1 Unter Iwes sebagai sekolah yang sehat, peduli dan berbudaya lingkungan menjadi modal utama untuk dapat mencapai cita-cita tersebut.
4.      Adanya muatan local berupa keterampilan pertanian yang mendukung program ini
Demikian potensi dan kendala SMP Negeri 1 Unter Iwes dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

E.       Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dengan dijadikan Sekolah adiwiyata sebagai program unggulan sekolah adalah:
1.    Terciptanya kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan
2.    Memperoleh juara 1 tingkat provinsi untuk mewakili NTB dalam lomba tingkat Nasional

F.       Jadwal Kegiatan Tahun Pelajaran 2012/2013


Kegiatan
Bulan
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6

Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwiyata









Mengevaluasi pelaksanaan Visi dan misi Sekolah adiwiyata











Himbauan untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri












Menyusun Kurikulum Sekolah (KTSP) yang mengintegrasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan pengembangan diri












Pengembangan kurikulum pembelajaran PLH secara monolitik












Penanaman pohon / penghijauan












Lomba kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya












Lomba mengarang / poster bertema Lingkungan













Pengarahan pada saat upacara bendera









pengarahan pada saat rapat komite












Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber Daya Alam









Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih dan Sehat









Penyediaan prasarana kebersihan












Pembelian pohon dan tanaman hias/bunga















Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi












Menyusun silabus mata pelajaran PLH












Menyusun silabus berisikan materi isu lokal LH pada  mata pelajaran terkait












Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada  mata pelajaran terkait












Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi 












Menyusun silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah












Menyusun silabus mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah












Pencangkokan tanaman











Pengolahan sampah

Perbaikan pemanfaatan Rumah kaca










Penanaman Pohon / penghijauan 











Pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh / penghijauan









pengadaan bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas












Perbaikan saluran drainase













G.      Pembiayaan

Sumber dana berasal dari dana Bantuan Operasional Sekolah dan dana rutin.
Dari dana BOS sebesar Rp. 10.000.000 yang terintegrasi dalam  beberapa kegiatan dan dari dana rutin sebesar Rp. 2.000.000

H.      Penutup

Pemilihan program Adiwiyata ini sebagai program unggulan sekolah diharapkan dapat meningkatan kualitas sekolah baik perilaku peduli dan berbudaya lingkungan, maupun tercipta peningkatan kualitas lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya yang lebih baik.

Dengan partsipasi semua pihak dalam melaksanakan dan mendukung program Adiwiyata, maka akan terjadi perubahan perilaku yang berbudaya lingkungan, peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan kualitas lingkungan hidup, yang akan mendukung perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Disamping itu tentu kita semua berharap dapat memperoleh juara dalam lomba adiwiyata nasional.