PROGRAM UNGGULAN
SMP NEGERI 1 UNTER IWES
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
A.
Latar
Belakang
Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementerian
Pendidikan Nasional telah menggulirkan Program Adiwiyata, yaitu Sekolah Peduli
dan Berbudaya Lingkungan dengan harapan dapat mengajak warga sekolah
melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut
berpatisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan
sekitarnya. Tujuan program ini adalah menciptakan kondisi yang baik bagi
sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah,
sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab
dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.
Tujuan dari program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi
sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah (guru,
murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut
dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan &
pembangunan berkelanjutan .
Disamping itu, Indikator Program Adiwiyata yang dijabarkan dalam 4
kriteria itu jika dilaksanakan memiliki keuntungan yang besar bagi sekolah. Hal
ini yang memberikan motivasi kepada kami pihak sekolah dalam mengikuti program
adiwiyata ini.
Potensi yang dimiliki SMP Negeri 1 Unter Iwes sangat mendukung untuk
mengikuti lomba Adiwiyata. Untuk itulah , kami menjadikan Sekolah Adiwiyata
sebagai program unggulan sekolah untuk tahun pelajaran 2012/2013 dalam rangka
meraih juara dalam lomba sekolah adiwiyata tingkat provinsi dan dapat mewakili
NTB untuk tingkat nasional.
B.
Tujuan
1. Mendukung
pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan
(SKL) pendidikan dasar dan menengah.
2. meningkatkan
efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan
pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan actor.
3. Menciptakan
kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan
kondusif.
4. Menjadi
tempat pembelajaran tentang nilai‐nilai pemeliharaan dan pengelolaan
lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
5. Meningkatkan
upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan
pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan
di sekolah.
C. Deskripsi Program
Dalam
rangka mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, SMP Negeri 1 Unter
Iwes menyusun rencana kegiatan yang akan dicapai selama 4 tahun kedepan.
Rencana kegiatan ini telah disusun pada Tahun Pelajaran 2009/2010, jadi telah
berjalan selama 2 tahun.
1. Tabel Rencana Kegiatan jangka menengah
A. Pengembangan
Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
Mengembangkan Visi dan Misi
|
Menyusun Visi dan Misi Sekolah
Adiwiyata
|
Kepsek, Guru, Komite
|
Visi dan Misi tercantum dalam
KTSP
|
√
|
|||
Sosialisasi Visi dan Misi sekolah
Adiwiyata
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasi Visi dan Misi
Sekolah adiwiyata
|
√
|
||||
Mengevaluasi pelaksanaan Visi dan
misi Sekolah adiwiyata
|
Seluruh warga sekolah
|
Perbaikan atau revisi misi dan
visi sekolah
|
√
|
||||
Mengembangkan kurikulum
Pendidikan Lingkungan hidup
|
Himbauan untuk pengintegrasian
PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
|
Guru mata pelajaran IPA,IPS,
Penjaskes,Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan diri
|
PLH terintegrasi dalam mata
pelajaran tertentu
|
√
|
|||
Menyusun Kurikulum Sekolah (KTSP)
yang mengintegrasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan pengembangan diri
|
Kepsek, Guru dan Komite
|
Tersusunnya muatan PLH dalam mata
pelajaran tertentu dalam KTSP
|
√
|
||||
Pengembangan kurikulum
pembelajaran PLH secara monolitik
|
Kepsek, guru dan komite
|
Adanya mata pelajaran PLH dalam
muatan local
|
√
|
||||
Melaksanakan kegiatan rutin
tahunan yang bertema Lingkungan hidup
|
Penanaman pohon / penghijauan
|
Seluruh warga sekolah
|
Sekolah yang hijau dan rindang
|
√
|
|||
Lomba kebersihan kelas dan
lingkungan sekitarnya
|
Siswa
|
Kelas yang bersih dan sehat
|
√
|
||||
Lomba mengarang / poster bertema
Lingkungan
|
Siswa
|
Peningkatan kemampuan menulis dan
pemahaman tentang LH
|
√
|
||||
Peningkatan Kapasitas SDM warga
sekolah
|
Seminar
|
Kepsek dan guru
|
Meningkatnya pemahaman tentang
PLH
|
√
|
|||
Lokakarya / workshop
|
Kepsek dan guru
|
Meningkatnya keterampilan dalam
mengelola LH
|
√
|
||||
Studi Banding
|
Kepsek dan guru
|
Menambah pengetahuan tentang
Adiwiyata
|
√
|
||||
Sosialisasi penerapan PLH
|
Pengarahan pada saat upacara bendera
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasinya penerapan PLH
|
√
|
|||
pengarahan pada saat rapat komite
|
komite / orang tua siswa
|
Tersosialisasinya penerapan PLH
|
√
|
||||
efisiensi penggunaan air,
listrik, alat tulis kantor
|
Meyusun surat keputusan tentang
petunjuk pelaksanaan hemat SDA
|
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
|
√
|
|||
Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber
Daya Alam
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasinya Pedoman Hemat
SDA
|
√
|
||||
Terciptanya lingkungan yang
bersih dan sehat
|
Menyusun surat keputusan tentang
petunujuk pelaksanaan sekolah yang bersih dan sehat
|
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
|
√
|
|||
Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih
dan Sehat
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasinya Pedoman Budaya
Bersih dan Sehat
|
√
|
||||
Mengalokasikan anggaran bagi
kegiatan PLH
|
Penyediaan prasarana kebersihan
|
Sekolah
|
Lingkungan sekolah yang bersih
|
√
|
|||
Pembelian pohon dan tanaman
hias/bunga
|
Sekolah
|
Lingkungan sekolah yang hijau dan
indah
|
√
|
||||
Pelatihan bertema lingkungan
hidup di sekolah
|
Kepsek, guru
|
Terampil dalam pengolahan sampah
dan pembuatan kompos
|
√
|
B. Pengembangan
Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
Mengembangkan kurikulum
pembelajaran PLH
|
Menyusun silabus terkait PLH
secara integrasi
|
Kepsek, Guru mata pelajaran
terkait
|
Silabus mata pelajaran
terintegrasi
|
√
|
|||
Menyusun silabus mata pelajaran
PLH
|
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus Mata pelajaran PLH
|
√
|
||||
Mengembangkan materi PLH
berdasarkan isu local
|
Menyusun silabus berisikan materi
isu acto LH pada actoror mata pelajaran terkait
|
Kepsek, Guru mata pelajaran
terkait
|
Silabus berisikan materi isu acto
LH pada actoror mata pelajaran terkait
|
√
|
|||
Menyusun silabus berisikan materi
isu acto LH pada actoror mata pelajaran PLH
|
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus berisikan materi isu acto
LH pada actoror mata pelajaran PLH
|
√
|
||||
Mengembangkan materi PLH
berdasarkan isu global
|
Menyusun silabus berisikan materi
isu global LH pada actoror mata pelajaran terkait
|
Kepsek, Guru mata pelajaran
terkait
|
Silabus berisikan materi isu
global LH pada actoror mata pelajaran terkait
|
√
|
|||
Menyusun silabus berisikan materi
isu global LH pada actoror mata pelajaran PLH
|
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus berisikan materi isu
global LH pada actoror mata pelajaran PLH
|
√
|
||||
Mengembangkan metode pembelajaran
PLH
|
Menyusun silabus dengan metode
pembelajaran yang bervariasi
|
Kepsek, Guru mata pelajaran
terkait
|
Silabus Mapel terintegrasi dan
atau monolitik
|
√
|
|||
Memanfaatkan sumber belajar PLH
|
Menyusun silabus dengan
pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
Kepsek, Guru mata pelajaran
terkait
|
silabus dengan pemanfaatan sumber
belajar PLH yang ada disekolah
|
√
|
|||
Menyusun silabus mata pelajaran PLH
dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus Mata pelajaran PLH dengan
pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
√
|
||||
Mengimplementasikan hasil
pembelajaran PLH dalam kegiatan kurikuler
|
Pencangkokan tanaman
|
Siswa
|
Siswa dapat mencangkok tanaman /
pohon
|
√
|
|||
Pengolahan sampah
|
Siswa
|
Siswa dapat mengelola sampah
secara sederhana
|
√
|
C. Pengembangan
Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
Mengembangkan kegiatan dalam
ekstrakurikuler atau kokurikuler
|
Piket Kebersihan
|
Siswa
|
Ada jadwal kebersihan sekolah
|
√
|
|||
Lomba Kebersihan kelas
|
Siswa
|
Meningkatnya motivasi siswa dalam
menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya
|
√
|
||||
Masa orientasi Siswa Baru
|
Siswa
|
Siswa baru dapat mengenal tentang
PLH
|
√
|
||||
Lomba majalah dinding
|
Siswa
|
Meningkatnya kemampuan menulis
siswa
|
√
|
||||
Kemah Bakti
|
Siswa
|
Siswa dapat mempraktek kan matei
PLH yang didapatnya
|
√
|
||||
Mengadakan kegiatan-kegiatan LH
yang melibatkan masyarakat sekitar
|
Penanaman Pohon /
penghijauan
|
Warga sekolah, masyara kat sekitar
|
Teciptanya lingkungan Sekolah dan
sekitarnya yang hijau
|
√
|
|||
Seminar
|
guru diwilayah kecamatan unter
iwes
|
Mensosialisasikan PLH kepada
guru-guru sekolah lain
|
√
|
||||
Mengikuti kegiatan LH yang
diprakarsai pihak luar
|
Lomba Sekolah Sehat (UKS)
|
warga sekolah
|
Sekolah yang bersih dan sehat
|
√
|
|||
Aksi penanaman sejuta pohon
|
warga sekolah, masyarakat sekitar
|
Lingkungan sekolah dan sekitarnya
yang rindang
|
√
|
||||
Lomba pidato bertema lingkungan
|
Siswa siswa di sekolah
sekecamatan
|
Meningkatnya kemampuan berpidato
dan pemahaman LH pada siswa
|
√
|
||||
Melakukan kemitraan dengan pihak
luar dalam pengembangan PLH
|
Penyusunan materi ajar lingkungan
hidup
|
Guru dan pihak terkait
|
Tersusunnya materi ajar muatan acto
PLH
|
√
|
D. Pengembangan
dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah Lingkungan
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
Memanfaatkan sarana pendukung
sekolah sebagai media pembelajaran
|
pemanfaatan Rumah kaca
|
Siswa
|
Siswa dapat memanfaat kan rumah
kaca
|
√
|
|||
Pemanfaatan pohon/kebun
|
Siswa
|
Siswa dapat menanam/mencangkok
dengan baik
|
√
|
||||
Pembibitan
|
Siswa
|
Siswa dapat melakukan pembibitan
tanaman
|
√
|
||||
Pemanfaatan mesin pencacah sampah
|
Siswa
|
Siswa dapat melakukan pengelolaan
sampah
|
√
|
||||
Mengelola sarana dan prasarana
sekolah yang ramah lingkungan
|
Pengaturan ruang kelas
|
siswa
|
Ruang kelas memenuhi syarat
kesehatan
|
√
|
|||
Pemeliharaan dan pengaturan pohon
peneduh / penghijauan
|
warga sekolah
|
Lingkungan sekolah yang teduh dan
rindang
|
√
|
||||
Mengelola fasilitas sanitasi
|
Membuat jadwal kegiatan
pengelolaan sanitasi
|
siswa, guru, staf tata usah
|
Adanya jadwal/piket pengelolaan
sanitasi
|
√
|
|||
pengadaan bong untuk air bersih
di setiap halaman depan kelas
|
warga sekolah
|
Tersedianya tempat cuci tangan
bagi siswa dan guru
|
√
|
||||
Penambahan WC siswa
|
warga sekolah
|
Tersedianya WC tambahan bagi
siswa
|
√
|
||||
Pembuatan penampungan air limbah
|
warga sekolah
|
Tersedianya tempat penampungan
air limbah
|
√
|
||||
Perbaikan saluran drainase
|
warga sekolah
|
Saluran drainasi yang lebih baik
|
√
|
||||
Menghemat SDA
|
Membuat surat edaran penghematan
SDA
|
Kepsek, guru, siswa
|
Surat Edaran penghematan SDA
|
√
|
|||
Sosialisasi penghematan SDA
|
warga sekolah
|
Tersosialisasinya surat edaran
penghematan SDA
|
√
|
||||
Membuat himbauan-himbauan
dilokasi tertentu
|
Kepsek, guru
|
Adanya poster/himbauan di
lingkungan sekolah
|
√
|
||||
Mengelola kantin dan atau makanan
yang sehat
|
Mengangkat pengawas kantin
|
Kepsek, guru
|
Adanya SK pengawas kantin
|
√
|
|||
Membuat tata tertib kantin
|
Kepsek, guru, pedagang kantin
|
Tata tertib kantin
|
√
|
||||
Menyediakan tempat sampah
terpisah
|
warga sekolah
|
Tersedianya Tempat sampah
terpisah di kantin
|
√
|
||||
Menyediakan tempat cuci tangan
|
siswa, pedagang kantin
|
Tersedianya bong tempat cuci
tangan di kantin
|
√
|
||||
Menempelkan poster/himbauan
makanan sehat
|
Kepsek, guru, pedagang kantin
|
Adanya poster / himbauan makanan
sehat di kantin
|
√
|
||||
Mengelola sampah
|
Menyediakan tempat sampah
terpisah di setiap halaman depan ruangan
|
warga sekolah
|
Tersedianya tempat sampah
terpisah di setiap halaman depan ruang kelas dan guru
|
√
|
|||
Membuat/menyediakan tempat
penampungan sampah sementara
|
warga sekolah
|
Tersedianya bak sampah
penampungan sementara
|
√
|
||||
Membuat Piket kebersihan guru dan
siswa
|
Guru, siswa
|
Jadwal / piket kebersihan
|
√
|
||||
Pengolahan sampah sederhana
|
Siswa
|
Sampah yang telah diolah
|
√
|
2. Pelaksanaan Program Adiwiyata sampai Tahun Pelajaran
2011/2012
A.
Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Sasaran
|
Hasil
yang dicapai
|
Kendala
pelaksanaan
|
Tindak
lanjut
|
1
|
Menyusun Visi dan Misi Sekolah
Adiwiyata
|
Juli 2009
|
Kepsek, Guru, Komite
|
Visi dan Misi tercantum dalam
KTSP
|
-
|
Revisi jika diperlukan
|
2
|
Sosialisasi Visi dan Misi sekolah
Adiwiyata
|
Juli 2009 – Juni 2012
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasi Visi dan Misi
Sekolah adiwiyata
|
-
|
-
|
3
|
Himbauan untuk pengintegrasian
PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
|
September 2009
|
Guru mata pelajaran IPA,IPS,
Penjaskes,Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan diri
|
PLH terintegrasi dalam mata
pelajaran tertentu
|
Penyesuaian dengan Silabus yang
telah disusun secara bersama dalam MGMP
|
Penyesuaian Silabus dengan
penambahan materi PLH
|
4
|
Penanaman pohon / penghijauan
|
Januari 2009
|
Seluruh warga sekolah
|
Sekolah yang hijau dan rindang
|
-
|
Dilakukan secara berkelanju - tan
|
5
|
Pengarahan pada saat upacara
bendera
|
setiap bulan
|
kepsek, guru
|
Tersosialisasinya penerapan PLH
|
-
|
-
|
6
|
pengarahan pada saat rapat komite
|
Rapat Komite bulan September 2009
|
Kepsek, komite / orang tua siswa
|
Tersosialisa sinya penerapan PLH
|
Tidak semua orangtua hadir
|
Diusahakan untuk menghadirkan
seluruh wali murid
|
7
|
Meyusun surat keputusan tentang
petunjuk pelaksanaan hemat SDA
|
Mei 2008
|
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
|
-
|
Revisi jika diperlukan
|
8
|
Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber
Daya Alam
|
Juni 2008 – Juni 2012
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisa sinya Pedoman Hemat
SDA
|
-
|
-
|
9
|
Menyusun surat keputusan tentang
petunujuk pelaksanaan sekolah yang bersih dan sehat
|
Mei 2008
|
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
|
-
|
Revisi jika diperlukan
|
10
|
Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih
dan Sehat
|
Juni 2008 – Juni 2012
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasinya Pedoman Budaya
Bersih dan Sehat
|
-
|
-
|
11
|
Penyediaan prasarana kebersihan
|
setiap Februari
|
Sekolah
|
Lingkungan sekolah yang bersih
|
Terbatasnya dana
|
kerjasama / mohon bantuan
instansi terkait
|
12
|
Pembelian pohon dan tanaman
hias/bunga
|
Februari 2011
|
Sekolah
|
Lingkungan sekolah yang hijau dan
indah
|
Terbatasnya dana
|
kerjasama / mohon bantuan
instansi terkait
|
B. Pengembangan
Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup
No
|
Kegiatan
|
Pelaksa
naan
|
Sasaran
|
Hasil
yang dicapai
|
Kendala
pelaksanaan
|
Tindak
lanjut
|
1
|
Menyusun silabus terkait PLH
secara integrasi
|
Setiap Juli
|
Kepsek, Guru mata pelajaran
terkait
|
Silabus mata pelajaran
terintegrasi
|
Masih kurang pemahaman tentang
PLH
|
Diadakan pelatihan / seminar
|
2
|
Menyusun silabus berisikan materi
isu lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Setiap Juli
|
Kepsek, Guru mata pelajaran
terkait
|
Silabus berisikan materi isu
lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Dalam penyesuaian dengan materi
yang telah ditentukan
|
Disusun dengan mempertimbangkan
masuknya materi isu lokal LH
|
3
|
Menyusun silabus berisikan materi
isu global LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Setiap Juli
|
Kepsek, Guru mata pelajaran
terkait
|
Silabus berisikan materi isu
global LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Dalam penyesuaian dengan materi
yang telah ditentukan
|
Disusun dengan mempertimbangkan
masuknya materi isu global LH
|
4
|
Menyusun silabus dengan metode
pembelajaran yang bervariasi
|
Setiap Juli
|
Kepsek, Guru mata pelajaran
terkait
|
Silabus Mapel dengan metode
pembelaja ran yang bervariasi
|
sarana yang terbatas untuk
mendukung metode pembelaja ran
|
Diusahakan menambah sarana yang
dapat digunakan untuk pembelaja ran
|
5
|
Menyusun silabus dengan
pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
Setiap Juli
|
Kepsek, Guru mata pelajaran
terkait
|
Silabus mata pelajaran dengan
pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
-
|
-
|
6
|
Pencangkokan tanaman
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa dapat mencangkok tanaman /
pohon
|
-
|
-
|
7
|
Pengolahan sampah
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
siswa
|
Siswa dapat mengelola sampah
secara sederhana
|
Mesin pengolah sampah yang
terbatas
|
Penambahan mesin pencacah sampah
|
C.
Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Sasaran
|
Hasil
yang dicapai
|
Kendala
pelaksanaan
|
Tindak
lanjut
|
1
|
Piket Kebersihan
|
Setiap hari
|
Siswa
|
Ada jadwal kebersihan sekolah
|
-
|
Dilakukan secara berkelanju tan
|
2
|
Lomba Kebersihan kelas
|
Setiap 3 bulan sekali
|
Siswa
|
Meningkat nya motivasi siswa
dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya
|
-
|
Dilakukan secara berkelanju tan
|
3
|
Penanaman Pohon / penghijauan
yang melibatkan masyarakat
|
Januari 2010
|
Warga sekolah, masyarakat sekitar
|
Teciptanya lingkungan Sekolah dan
sekitarnya yang hijau
|
Masih kurang kerjasama dengan
masyarakat
|
Diusahakan adanya pendekatan yang
lebih intensif dengan masyarakat
|
4
|
Lomba Sekolah Sehat (UKS)
|
Sesuai jadwal Lomba
|
warga sekolah
|
Sekolah yang bersih dan sehat
|
Masih ada sarana yang kurang
|
Penamba han sarana prasarana
|
5
|
Aksi penanaman sejuta pohon
|
Januari 2010
|
warga sekolah, masyarakat sekitar
|
Lingkungan sekolah dan sekitarnya
yang rindang
|
-
|
Terus diikuti setiap tahunnya
|
D.
Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah
Lingkungan
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Sasaran
|
Hasil
yang dicapai
|
Kendala
pelaksanaan
|
Tindak
lanjut
|
1
|
pemanfaatan Rumah kaca
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa dapat memanfaatkan rumah
kaca
|
kondisi bangunan
|
perbaikan bangunan
|
2
|
Pemanfaatan pohon/kebun
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa dapat menanam/mencangkok
dengan baik
|
-
|
-
|
3
|
Pembibitan
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa dapat melakukan pembibitan
tanaman
|
-
|
-
|
4
|
Pemanfaatan mesin pencacah sampah
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa dapat melakukan pengelolaan
sampah
|
Jumlah yang terbatas
|
Diusahakan penambahan mesin
|
5
|
Pengaturan ruang kelas
|
setiap hari
|
siswa
|
Ruang kelas memenuhi syarat
kesehatan
|
-
|
-
|
6
|
Pemeliharaan dan pengaturan pohon
peneduh / penghijauan
|
setiap hari
|
warga sekolah
|
Lingkungan sekolah yang teduh dan
rindang
|
-
|
Terus dipelihara
|
7
|
Membuat jadwal kegiatan
pengelolaan sanitasi
|
Setiap Juli
|
siswa, guru, staf tata usah
|
Adanya jadwal/piket pengelolaan
sanitasi
|
Belum optimal dilakukan
|
Pengoptimalan jadwal kegiatan
pengelolaan sanitasi
|
8
|
pengadaan bong untuk air bersih
di setiap halaman depan kelas
|
maret 2009
|
warga sekolah
|
Tersedianya tempat cuci tangan
bagi siswa dan guru
|
-
|
Pemeliharaan dan penambahan
jumlah
|
9
|
Penambahan WC siswa
|
Novem ber 2009
|
warga sekolah
|
Tersedianya WC tambahan bagi
siswa
|
-
|
Diusahakan ada penambahan wc lagi
|
10
|
Pembuatan penampu ngan air limbah
|
sudah ada sebelum
nya
|
warga sekolah
|
Tersedianya tempat penampu ngan
air limbah
|
-
|
-
|
11
|
Membuat surat edaran penghema tan
SDA
|
September 2008
|
Kepsek, guru, siswa
|
Surat Edaran penghema tan SDA
|
-
|
Revisi jika diperlukan
|
12
|
Sosialisasi penghema tan SDA
|
Juni 2008 – Juni 2010
|
warga sekolah
|
Tersosialisasinya surat edaran
penghema tan SDA
|
-
|
-
|
13
|
Membuat himbauan-himbauan
dilokasi tertentu
|
Juni 2008 – Juni 2010
|
Kepsek, guru
|
Adanya poster/himbauan di
lingkungan sekolah
|
-
|
Akan diperbanyak lagi
|
14
|
Mengangkat pengawas kantin
|
Juli 2010
|
Kepsek, guru
|
Adanya SK pengawas kantin
|
-
|
-
|
15
|
Membuat tata tertib kantin
|
Juli 2010
|
Kepsek, guru, pedagang kantin
|
Tata tertib kantin
|
-
|
Revisi jika diperlukan
|
16
|
Menyediakan tempat sampah
terpisah
|
April 2009
|
warga sekolah
|
Tersedianya Tempat sampah
terpisah di kantin
|
-
|
Pemelihara an dan perbaikan
|
17
|
Menyediakan tempat cuci tangan
|
April 2009
|
siswa, pedagang kantin
|
Tersedianya bong tempat cuci
tangan di kantin
|
-
|
Pemelihara an dan perbaikan
|
18
|
Menempel kan poster/himbauan
makanan sehat
|
Oktober 2009
|
Kepsek, guru, pedagang kantin
|
Adanya poster / himbauan makanan
sehat di kantin
|
-
|
Penamba han jumlah
|
19
|
Menyediakan tempat sampah
terpisah di setiap halaman depan ruangan
|
April 2009
|
warga sekolah
|
Tersedianya tempat sampah
terpisah di setiap halaman depan ruang kelas dan guru
|
-
|
Pemelihara an dan perbaikan
|
20
|
Membuat/menyediakan tempat
penampu ngan sampah sementara
|
April 2009
|
warga sekolah
|
Tersedianya bak sampah penampu
ngan sementara
|
-
|
Pemelihara an dan perbaikan
|
21
|
Membuat Piket kebersihan guru dan
siswa
|
Setiap Juli
|
Guru, siswa
|
Jadwal / piket kebersihan
|
-
|
Terus berkelanju tan
|
22
|
Penampu ngan sampah sementara
|
April 2009
|
siswa
|
Tempat penampung Sampah sementara
|
Jumlah terbatas
|
Penamba han jumlah tempat penampu
ngan sementara
|
D. Faktor pendukung keterlaksanaan
Dalam mewujudkan Program Adiwiyata, SMP Negeri 1 Unter Iwes memiliki potensi
yang sangat besar, yaitu :
1.
SMP Negeri 1 Unter Iwes merupakan Sekolah Sehat, yang
telah mengikuti lomba Sekolah Sehat dan UKS selama 3 tahun berturut-turut dan
pada tahun 2010 menjadi juara Pertama Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat dan
menjadi wakil untuk tingkat SMP pada Tingkat Nasional. Hal ini sangat mendukung
sekali dan berkaitan erat dengan Program adiwiyata karena mengenai kebersihan
dan kesehatan lingkungan sekolah sudah tidak perlu diragukan lagi dan telah
tertanam dalam pembiasaan warga sekolah.
2.
SMP Negeri 1 Unter Iwes secara fisik sangat indah,
rindang dan nyaman dengan penataan lingkungan sekolah yang baik, berupa taman
sekolah, pengelolaan sarana dan prasarana sekolah, kantin maupun pengeloaan
sampah. Ini telah lama dilakukan dan terus berkelanjutan setiap tahun dengan
mengadakan perbaikan dan penyempurnaan diberbagai tempat. Hal ini yang menjadi
salah satu factor SMP Negeri 1 Unter
Iwes, sejak digulirkan Lomba Adiwiyata selalu menjadi juara Pertama di
kabupaten Sumbawa.
3.
Dukungan yang besar dari semua warga sekolah. Adanya
rasa kebersamaan untuk menjadikan SMP Negeri 1 Unter Iwes sebagai sekolah yang
sehat, peduli dan berbudaya lingkungan menjadi modal utama untuk dapat mencapai
cita-cita tersebut.
4.
Adanya muatan local berupa keterampilan pertanian yang
mendukung program ini
Demikian potensi dan kendala SMP Negeri 1 Unter Iwes dalam mewujudkan
sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
E.
Hasil yang
diharapkan
Hasil yang diharapkan dengan dijadikan Sekolah adiwiyata sebagai program
unggulan sekolah adalah:
1.
Terciptanya kondisi yang baik bagi sekolah untuk
menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah (guru, murid &
pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut
bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan
berkelanjutan
2.
Memperoleh juara 1 tingkat provinsi untuk mewakili NTB
dalam lomba tingkat Nasional
F. Jadwal Kegiatan Tahun Pelajaran 2012/2013
Kegiatan
|
Bulan
|
||||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
Sosialisasi Visi dan Misi sekolah
Adiwiyata
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Mengevaluasi pelaksanaan Visi dan
misi Sekolah adiwiyata
|
√
|
√
|
|||||||||||
Himbauan untuk pengintegrasian
PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
|
√
|
||||||||||||
Menyusun Kurikulum Sekolah (KTSP)
yang mengintegrasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan pengembangan diri
|
√
|
||||||||||||
Pengembangan kurikulum
pembelajaran PLH secara monolitik
|
√
|
||||||||||||
Penanaman pohon / penghijauan
|
√
|
||||||||||||
Lomba kebersihan kelas dan
lingkungan sekitarnya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||
Lomba mengarang / poster bertema
Lingkungan
|
√
|
||||||||||||
Pengarahan pada saat upacara
bendera
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
pengarahan pada saat rapat komite
|
√
|
||||||||||||
Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber
Daya Alam
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih
dan Sehat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Penyediaan prasarana kebersihan
|
√
|
√
|
|||||||||||
Pembelian pohon dan tanaman
hias/bunga
|
√
|
√
|
|||||||||||
Menyusun silabus terkait PLH
secara integrasi
|
√
|
||||||||||||
Menyusun silabus mata pelajaran
PLH
|
√
|
||||||||||||
Menyusun silabus berisikan materi
isu lokal LH pada mata pelajaran
terkait
|
√
|
||||||||||||
Menyusun silabus berisikan materi
isu global LH pada mata pelajaran
terkait
|
√
|
||||||||||||
Menyusun silabus dengan metode
pembelajaran yang bervariasi
|
√
|
||||||||||||
Menyusun silabus dengan
pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
√
|
||||||||||||
Menyusun silabus mata pelajaran
PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
√
|
||||||||||||
Pencangkokan tanaman
|
√
|
√
|
|||||||||||
Pengolahan sampah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Perbaikan pemanfaatan Rumah kaca
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||
Penanaman Pohon /
penghijauan
|
√
|
√
|
|||||||||||
Pemeliharaan dan pengaturan pohon
peneduh / penghijauan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
pengadaan bong untuk air bersih
di setiap halaman depan kelas
|
√
|
||||||||||||
Perbaikan saluran drainase
|
√
|
G.
Pembiayaan
Sumber dana berasal dari dana Bantuan Operasional Sekolah dan dana rutin.
Dari dana BOS sebesar Rp. 10.000.000 yang terintegrasi dalam beberapa kegiatan dan dari dana rutin sebesar
Rp. 2.000.000
H. Penutup
Pemilihan program Adiwiyata ini sebagai program unggulan sekolah
diharapkan dapat meningkatan kualitas sekolah baik perilaku peduli dan berbudaya
lingkungan, maupun tercipta peningkatan kualitas lingkungan sekolah dan masyarakat
sekitarnya yang lebih baik.
Dengan partsipasi semua pihak dalam melaksanakan dan mendukung program
Adiwiyata, maka akan terjadi perubahan perilaku yang berbudaya lingkungan, peningkatan
kualitas sumberdaya manusia dan kualitas lingkungan hidup, yang akan mendukung
perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Disamping itu tentu
kita semua berharap dapat memperoleh juara dalam lomba adiwiyata nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar