Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
MENINGKATKAN
SIKAP KONSTRUKTIF DAN KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA
SISWA MELALUI PENDEKATAN
KONSTRUKTIVISME MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMPN 1 UNTER IWES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Muhammad Abror.
Abstrak. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui besarnya
peningkatan ketuntasan belajar dan sikap konstruktif siswa
terhadap pelajaran matematika. Variabel yang diteliti adalah ketuntasan belajar dan sikap
konstruktif siswa terhadap pelajaran matematika. Untuk mengukur peningkatan ketuntasan belajar
digunakan tes hasil belajar, sedangkan untuk mengukur peningkatan sikap konstruktif digunakan angket
sikap konstruktif siswa terhadap pelajaran matematika. Tolak ukur keberhasilan
penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan ketuntasan belajar dan sikap
konstruktif terhadap pelajaran matematika. Pendekatan konstruktivisme yang dilaksanakan mengacu dari
pendapat Susan Loucks-Horsley dan Driver
& Oldam yang dilakukan dalam 5
tahapan, yaitu (1) tahap orientasi, (2) tahap penggalian dan pengungkapan ide,
(3) tahap pembangunan ide, (4) tahap aplikasi ide, dan (5) tahap refleksi. Dari hasil penelitian
diperoleh informasi bahwa ada peningkatan ketuntasan belajar siswa secara
klasikal yaitu dari 54,29% pada siklus I menjadi 82,86% pada siklus III atau terjadi peningkatan 28,57%. Skor angket
sikap konstruktif pada siklus I adalah 55,34 meningkat menjadi 60,62 pada siklus III (skor 0 – 80) atau terjadi peningkatan 5,28. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan konstruktivisme meningkatkan
sikap konstruktif dan ketuntasan belajar siswa terhadap pelajaran
matematika.
Kata Kunci : Pendekatan konstruktivisme, Sikap konstruktif, Ketuntasan
belajar
Untuk jurnal lengkapnya klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar