Senin, 26 November 2012

RPP Bangun Ruang Sisi Lengkung KD 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                            : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER         : IX / 5

Standar Kompetensi :
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar     :
2.1Mengidentifikasi unsur- unsur tabung, kerucut dan bola.

Indikator                    :
  1. Mengenal dan menyebutkan bidang (atas,alas dan lengkung), rusuk dan tinggi tabung.
  2. Mengenal dan menyebutkan bidang (alas dan lengkung) selimut, rusuk, titik puncak, garis pelukis dan tinggi kerucut.
  3. Mengenal dan menyebutkan bidang lengkung / kulit bola dan jari-jari bola.
  4. Melukis jaring-jaring tabung dan kerucut.

Alokasi waktu      :  4 Jam pelajaran ( 2 pertemuan )

Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan  :   
      Mandiri, berfikir logis, kritis, kerjasama, saling menghargai, percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan dan kekurangan, kerja keras
           
A. Tujuan Pembelajaran      :
  1. Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur tabung
  2. Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur kerucut
  3. Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur bola
  4. Siswa dapat melukis jarring-jaring tabung dan kerucut.

B. Materi Pembelajaran
  1. Menjelaskan banyak sisi, rusuk dan titik sudut dari BRSL
  2. Cara melukis jaring-jaring tabung dan kerucut

C. Model dan Metode Pembelajaran
 Model       : Kooperatif  STAD
 Metode     : Demonstrasi, pemberian tugas, Tanya jawab.

D. Langkah kegiatan
Pertemuan Pertama
            Waktu            : 2 x 40’

Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

- Apersepsi      : Mengingat kembali tentang sisi , rusuk, titik sudut kubus dan
                                                  balok.
- Motivasi        : Materi ini akan bermanfaat untuk mempelajari materi selanjutnya ( luas dan volum bangun ruang) dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan ini
1.   siswa dapat mengidentifikasi unsur- unsur tabung.
2.   siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur kerucut

Kegiatan Inti
  1. Guru mengorganisasikan kelas dalam kelompok-kelompok siswa untuk belajar dan menyampaikan target belajar yang harus dicapai.
  2. Guru menjelaskan tentang sisi,rusuk dan titik sudut dari suatu bangun peraga
  3. Siswa diberi tugas untuk memberi contoh benda di sekitar kita yang berbentuk tabung.
  4. Dengan berkelompok siswa disuruh mengidentifikasi unsur-unsur tabung tersebut.(LKS)
  5. Guru menunjuk salah satu kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok lain diminta mencermati dan memberikan tanggapan.
  6. Guru meminta siswa memberikan contoh benda-benda di sekitar kita yang berbentuk kerucut.
  7. Siswa diberi tugas secara berkelompok yaitu mengidentifikasi unsur-unsur kerucut. (LKS)
  8. Guru menunjuk secara acak salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya, sementara kelompok lainnya memberi tanggapan.

Kegiatan Penutup
  1. Dengan bimbingan guru siswa merangkum hasil pembelajaran dan melakukan refleksi kegiatan pembelajaran bersama.
  2. Guru memberi PR 


            Pertemuan Kedua
Waktu            : 2 x 40’
Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

Ø  Guru memeriksa PR dan dengan Tanya jawab membahas kesulitan yang dialami siswa.
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang kedua yaitu :
1. siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur bola
2. siswa dapat melukis jarring-jaring tabung dan kerucut.

Kegiatan inti
  1. Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar dan menyampaikan hal-hal yang perlu dilakukan siswa.
  2. Guru meminta siswa  memberikan contoh benda-benda disekitar kita yang berbentuk bola.
  3. Siswa diberi tugas secara berkelompok untuk mengidentifikasi unsur-unsur bola. (LKS 2.1.3)
  4. Dibahas bersama hasil kerja siswa dengan Tanya jawab.
  5. Guru melanjutkan dengan mendemonstrasikan cara melukis jaring-jaring tabung. (LKS 2.1.4)
  6. Secara berkelompok siswa mendiskusikan cara melukis jarring-jaring kerucut.
  7. Salah satu kelompok mendemonstrasikan cara melukis jaring-jaring kerucut

Kegiatan Penutup
  1. Guru meminta siswa untuk membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
  2. Diberi PR

E. Alat dan sumber belajar
  1. Buku Teks Matematika
  2. LKS
  3. Jangka, penggaris dan busur derajat, kaleng, peraga kerucut dan bola

F. Penilaian
a. Teknik                  : Tes lisan
b.Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
                       
Pertemuan pertama
Waktu                      : 5’
Teknik                      : Tes Lisan
Bentuk Instrumen    : Daftar pertanyaan

1.Berapakah banyaknya sisi tabung ?
2. Sisi tabung berbentuk bidang ……….
 Berbentuk bidang apa sajakah sisi
3. Berapa banyak sisi kerucut ?
4. Berapa banyak rusuk kerucut ?
5. Berapa banyak titik sudut kerucut ?

   Pertemuan Kedua
Waktu                      : 15’
Teknik                      : Tes Tulis
Bentuk Instrumen    : Tes uraian

1. Sisi bola ada ………………….
2. Sisi bola berbentuk bidang …………
3. Lukislah jaring-jaring tabung dengan   jari-jari alas 3,5 cm dan tinggi 5 cm

Kunci Jawaban                                                            Skor                 Bobot
            Pertemuan pertama
            1. 3                                                                                1                        10
            2. datar dan lengkung                                                   2                        20
            3. 2                                                                                1                        10
            4. 1                                                                                1                        10
            5. 1                                                                                1                        10
            Pertemuan Kedua
            1. 1                                                                                1                        10
            2. lengkung                                                                   1                        10
            3.                                                                                   2                        20
                                      22 cm                                     
                            5 cm



 
                                           3,5


Pedoman penskoran
         ( Skor perolehan : Skor maximal ) x 100



              Sumbawa, 7 Juli 2012

Mengetahui                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1 Unter Iwes                                             Matematika






PUNIJAN, S.Pd                                                                MUHAMMAD ABROR, S.Pd
      NIP. 19710201 199703 1 012                                            NIP. 19721007 199803 1 004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar