RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : IX / 5
Standar Kompetensi :
2. Memahami
sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
2.1Mengidentifikasi
unsur- unsur tabung, kerucut dan bola.
Indikator :
- Mengenal dan menyebutkan bidang (atas,alas dan lengkung), rusuk dan tinggi tabung.
- Mengenal dan menyebutkan bidang (alas dan lengkung) selimut, rusuk, titik puncak, garis pelukis dan tinggi kerucut.
- Mengenal dan menyebutkan bidang lengkung / kulit bola dan jari-jari bola.
- Melukis jaring-jaring tabung dan kerucut.
Alokasi waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 pertemuan )
Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan
:
Mandiri, berfikir logis, kritis, kerjasama,
saling menghargai, percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan
dan kekurangan, kerja keras
A. Tujuan
Pembelajaran :
- Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur tabung
- Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur kerucut
- Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur bola
- Siswa dapat melukis jarring-jaring tabung dan kerucut.
B. Materi
Pembelajaran
- Menjelaskan banyak sisi, rusuk dan titik sudut dari BRSL
- Cara melukis jaring-jaring tabung dan kerucut
C. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Kooperatif STAD
Metode : Demonstrasi, pemberian tugas, Tanya jawab.
D. Langkah kegiatan
Pertemuan Pertama
Waktu : 2 x 40’
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
- Apersepsi : Mengingat kembali
tentang sisi , rusuk, titik sudut kubus dan
balok.
- Motivasi :
Materi ini akan bermanfaat untuk mempelajari materi selanjutnya ( luas dan
volum bangun ruang) dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan ini
1.
siswa
dapat mengidentifikasi unsur- unsur tabung.
2.
siswa
dapat mengidentifikasi unsur-unsur kerucut
Kegiatan Inti
- Guru mengorganisasikan kelas dalam kelompok-kelompok siswa untuk belajar dan menyampaikan target belajar yang harus dicapai.
- Guru menjelaskan tentang sisi,rusuk dan titik sudut dari suatu bangun peraga
- Siswa diberi tugas untuk memberi contoh benda di sekitar kita yang berbentuk tabung.
- Dengan berkelompok siswa disuruh mengidentifikasi unsur-unsur tabung tersebut.(LKS)
- Guru menunjuk salah satu kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok lain diminta mencermati dan memberikan tanggapan.
- Guru meminta siswa memberikan contoh benda-benda di sekitar kita yang berbentuk kerucut.
- Siswa diberi tugas secara berkelompok yaitu mengidentifikasi unsur-unsur kerucut. (LKS)
- Guru menunjuk secara acak salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya, sementara kelompok lainnya memberi tanggapan.
Kegiatan Penutup
- Dengan bimbingan guru siswa merangkum hasil pembelajaran dan melakukan refleksi kegiatan pembelajaran bersama.
- Guru memberi PR
Pertemuan Kedua
Waktu : 2 x 40’
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
Ø Guru
memeriksa PR dan dengan Tanya jawab membahas kesulitan yang dialami siswa.
Ø
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang kedua yaitu :
1. siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur bola
2. siswa dapat melukis jarring-jaring tabung dan
kerucut.
Kegiatan inti
- Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar dan menyampaikan hal-hal yang perlu dilakukan siswa.
- Guru meminta siswa memberikan contoh benda-benda disekitar kita yang berbentuk bola.
- Siswa diberi tugas secara berkelompok untuk mengidentifikasi unsur-unsur bola. (LKS 2.1.3)
- Dibahas bersama hasil kerja siswa dengan Tanya jawab.
- Guru melanjutkan dengan mendemonstrasikan cara melukis jaring-jaring tabung. (LKS 2.1.4)
- Secara berkelompok siswa mendiskusikan cara melukis jarring-jaring kerucut.
- Salah satu kelompok mendemonstrasikan cara melukis jaring-jaring kerucut
Kegiatan Penutup
- Guru meminta siswa untuk membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
- Diberi PR
E. Alat dan sumber
belajar
- Buku Teks Matematika
- LKS
- Jangka, penggaris dan busur derajat, kaleng, peraga kerucut dan bola
F. Penilaian
a. Teknik : Tes lisan
b.Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
Pertemuan pertama
Waktu : 5’
Teknik : Tes
Lisan
Bentuk Instrumen : Daftar
pertanyaan
1.Berapakah banyaknya sisi tabung ?
2. Sisi tabung berbentuk bidang ……….
Berbentuk bidang apa sajakah sisi
3. Berapa banyak sisi kerucut ?
4. Berapa banyak rusuk kerucut ?
5. Berapa banyak titik sudut kerucut ?
Pertemuan
Kedua
Waktu : 15’
Teknik : Tes
Tulis
Bentuk Instrumen : Tes uraian
1. Sisi bola ada ………………….
2. Sisi bola berbentuk bidang …………
3. Lukislah jaring-jaring tabung dengan
jari-jari alas 3,5 cm dan tinggi 5 cm
Kunci Jawaban Skor Bobot
Pertemuan pertama
1. 3 1 10
2. datar
dan lengkung 2 20
3. 2 1 10
4. 1 1 10
5. 1 1 10
Pertemuan
Kedua
1. 1 1 10
2.
lengkung 1 10
3. 2 20
22 cm
5 cm
3,5
Pedoman penskoran
( Skor perolehan : Skor maximal ) x 100
Sumbawa, 7 Juli 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1
Unter Iwes Matematika
PUNIJAN, S.Pd MUHAMMAD
ABROR, S.Pd
NIP. 19710201 199703 1 012 NIP.
19721007 199803 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar