RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : IX / 5
Standar Kompetensi :
1.
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga
sebangun dan kongruen
Indikator :
1. Membedakan bentuk dua segitiga sebangun
atau kongruen
2.
Menyebutkan pengertian dua segitiga sebangun atau kongruen
3.
Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun atau kongruen
Alokasi waktu : 4 x
40 menit ( 2 pertemuan)
Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan
:
Mandiri, berfikir logis, kritis, kerjasama,
percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan dan kekurangan
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat membedakan bentuk dua segitiga
sebangun atau kongruen
2. Siswa dapat menyebutkan pengertian dua
segitiga sebangun atau kongruen
3. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat dua
segitiga sebangun atau kongruen
4. Siswa dapat menyatakan perbandingan
pasangan sisi-sisi yang bersesuaian dari dua segitiga sebangun.
5. Siswa dapat menuliskan pasangan sisi-sisi
yang sama dari dua segitiga kongruen
6. Siswa dapat menuliskan pasangan
sudut-sudut yang sama dari dua segitiga kongruen.
B. Materi Ajar :
a. Dua Segitiga Sebangun atau kongruen
b. Sifat-sifat dua segitiga sebangun atau
kongruen
C. Model dan Metode Pembelajaran :
Model
Pembelajaran : Langsung dan
Kooperatif
Metode Pembelajaran : Investigasi Kelompok, diskusi kelompok, tanya jawab
D. Langkah-langkah kegiatan :
Pertemuan
pertama
Waktu
: 2 X 40’
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
a. Apersepsi : - mengingat
kembali tentang pengertian bangun datar sebangun atau kongruen.
-
mengingat kembali cara melukis sebuah segitiga
b. Menyampaikan tujuan
pertemuan ini, yaitu:
1. Siswa dapat menyebutkan pengertian dua
segitiga sebangun
2.
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun
3. Siswa dapat menyatakan perbandingan
pasangan sisi-sisi yang bersesuaian dari dua segitiga sebangun
c. Motivasi :
Apabila materi ini dikuasai siswa dengan baik, maka akan dapat membantu
siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti :
a.
Siswa bersama-sama dengan teman sebangkunya
melukis beberapa pasangan segitiga yang
ditugaskan guru (1. semua sudut yang bersesuaian dari kedua segitiga sama
besar, 2. pasangan sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua segitiga mempunyai
perbandingan yang sama)
b.
Siswa mengamati bentuk masing-masing pasangan segitiga
yang dilukisnya, membandingkan pasangan-pasangan sisi yang bersesuaian,
kemudian dengan bimbingan guru siswa menyatakan bahwa pasangan segitiga itu
sebangun
c. Dengan bimbingan guru siswa menyatakan
pengertian dan sifat-sifat dari dua segitiga yang sebangun
d. Siswa bersama teman sebangkunya
mengerjakan soal latihan tentang dua segitiga sebangun (ada pada lembar
penilaian). Guru mengamati dan memberikan bantuan bagi siswa yang memerlukan
e. Secara individu siswa mengerjakan kuis dan
langsung dikoreksi (koreksi ketuntasan).
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan
membuat rangkuman
2.
Siswa diberi tugas PR
3. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan
refleksi
Pertemuan
kedua
Waktu
: 2 X 40’
Pendahuluan:
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
a. Apersepsi : - Membahas soal PR yang sulit
- Mengingatkan sifat-sifat dua segitiga sebangun
dan kongruen
- Mengingatkan
sifat-sifat jajargenjang
b. Menyampaikan tujuan
pertemuan ini, yaitu:
1. Siswa dapat menuliskan pasangan sisi-sisi
yang sama dari dua segitiga kongruen
2. Siswa dapat menuliskan pasangan
sudut-sudut yang sama dari dua segitiga kongruen
c. Motivasi : Mengingatkan manfaat pengetahuan tentang dua
buah segitiga sebangun atau kongruen
dalam kehidupan nyata.
Kegiatan Inti :
1.
Siswa bersama-sama dengan teman sebangkunya diberi
tugas melukis beberapa pasangan segitiga dengan ketentuan: 1. semua sisi yang
bersesuaian dari kedua segitiga sama panjang (unsur: sisi , sisi , sisi) 2.
mempunyai dua sisi bersesuaian sama panjang dan sebuah sudut yang diapitnya
sama besar (unsur: sisi, sudut , sisi), 3. mempunyai satu sisi bersesuaian sama
panjang dan sudut dikedua ujung sisi tersebut yang bersesuaian sama besar
(unsur: sudut , sisi, sudut)
2. Siswa mengamati bentuk masing-masing
pasangan segitiga yang dilukisnya, , kemudian dengan bimbingan guru siswa
menyatakan bahwa pasangan segitiga itu kongruen
3. Dengan bimbingan guru siswa menyatakan
pengertian dan sifat-sifat dari dua segitiga yang kongruen
4.
Siswa
bersama teman sebangkunya mengerjakan soal latihan tentang dua segitiga
kongruen (ada pada lembar penilaian). Guru mengamati dan memberikan
bantuan pada siswa yang memerlukannya.
5. Secara individu siswa mengerjakan soal
yang diberikan guru, kemudian diperiksa silang ( koreksi ketuntasan ).
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan
membuat rangkuman
2.
Siswa diberi tugas PR
3. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan
refleksi
E. Alat dan sumber Belajar
Buku teks, penggaris, busur derajat, dan jangka.
F. Penilaian
Teknik : tes lisan dan tes tetulis
Bentuk instrumen : uraian
Instrumen :
Pertemuan
pertama :
1. Perhatikan gambar berikut, ABCD
jajargenjang, BM dan DK tegak lurus AC.. Sebutkan lima pasang segitiga yang sebangun
2.
Segitiga ABC sebangun dengan segitiga DEF dengan:
Besar sudut A = besar sudut E
Besar sudut B = besar sudut D
Besar sudut C = besar sudut F
Perbandingan sisi yang sama adalah :
3. Segitigs KLM sebangun dengan segitiga PQR
dengan:
Sudut-sudut yang sama adalah:
Besar sudut … = besar sudut …
Besar sudut … = besar sudut …
Besar sudut … =
besar sudut …
Alternatif
Jawaban
- Segitiga ABD dengan BCD Segitiga KLD dengan BML
Segitiga
ALD dengan BCL
SegitigaABC dengan ADC
Segitiga ABL
dengan DCL
2. Perbandingan
sisi yang sama adalah :
3. Sudut-sudut
yang sama adalah:
Besar sudut K = besar sudut R
Besar sudut L = besar sudut Q
Besar sudut M =
besar sudut P
Pedoman penskoran
( Skor perolehan : Skor maximal ) x 100
Pertemuan
kedua :
1. Perhatikan gambar berikut adalah sebuah
jajargenjang
Tentukan :
a. Semua pasangan ruas garis yang sama
panjang
b. Semua pasangan sudut yang sama besar
2. Pada gambar berikut ABCD adalah
jajargenjang
a. ∆ KLD kongruen dengan ∆ ...
b. ∆ BCM kongruen dengan ∆ ...
c. ∆ ABL kongruen dengan ∆ ...
d. ∆ ABC kongruen dengan ∆ ...
e. ∆ BCL kongruen dengan ∆ ...
3. Pada gambar berikut, segitiga ABC kongruen
dengan segitiga CDE
3
a. Gunakan teorema Pythagoras untuk
menghitung panjang AC
b. Gunakan sifat kongruensi segitiga untuk
menentukan panjang CD, DE dan CE
Alternatif
Jawaban
1. A. Semua pasangan ruas garis yang sama panjang
AB
= CD, AD = BC, AE = EC, BE = ED
B.
Semua pasangan sudut yang sama besar
Besar
sudut DAB = besar sudut DCB Besar
sudut DCA = besar sudut CAB
Besar sudut ABC = besar sudut ADC Besar sudut DAC = besar sudut
BCA
Besar sudut
ABE = besar sudut DEC Besar sudut DEA = besar sudut
B
2.
a. ∆ KLD kongruen dengan ∆ BML
b. ∆ BCM kongruen dengan ∆ ADK
c. ∆ ABL kongruen dengan ∆ CDL
d. ∆ ABC kongruen dengan ∆ ADC
e. ∆ BCL kongruen dengan ∆ ADL
3. a.
AC = 4
b. CD = 4, DE = 5, CE = 3
Pedoman penskoran
( Skor perolehan : Skor maximal ) x 100
Sumbawa, 7 Juli 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1
Unter Iwes Matematika
PUNIJAN, S.Pd MUHAMMAD
ABROR, S.Pd
NIP. 19710201 199703 1 012 NIP.
19721007 199803 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar