RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : IX / 5
Standar Kompetensi :
4. Memahami
peluang kejadian sederhana
Kompetensi Dasar
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
Indikator :
1. Menghitung peluang suatu kejadian
- Menghitung frekuensi harapan suatu kejadian dari sejumlah percobaan
- Menyelesaikan masalah dengan menggunakan peluang
Alokasi waktu : 6 Jam pelajaran ( 3 pertemuan )
Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan
:
Mandiri, Teliti, cermat, berfikir logis,
kritis, kerjasama, percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan
dan kekurangan, saling menghargai
A. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan mata uang logam
- Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan satu dadu
- Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan satu dadu dan satu mata uang logam
- Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada seperangkat kartu bridge
- Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada kartu bernomor, lempengan bernomor dan manik-manik warna dalam suatu kantong
- Siswa dapat menghitung frekuensi harapan suatu kejadian dari sejumlah percobaan
- Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan peluang
B.
Materi Ajar
1.
Dengan mengingat kembali ruang sampel pada
pelemparan mata uang, menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan mata
uang
- Dengan mengingat kembali ruang sampel pada pelemparan suatu dadu, menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan suatu dadu
- Dengan mengingat ruang sampel pelemparan 1 dadu dan 1 mata uang logam, menghitung peluang kejadian pada pelemparan 1 dadu dan mata uang logam
- Berdasarkan seperangkat kartu bridge, menghitung peluang kejadian pada pada kartu bridge
- Menggunakan kartu bernomor, lempengan bernomor dan manik-manik warna yang berada di dalam kantong, menghitung peluang pada kartu bernomor, lempengan bernomor dan manik-manik warna
- Frekuensi harapan suatu kejadian dari sejumlah percobaan
- Permasalahan sehari-hari yang menggunakan teori peluang
C.
Model dan Metode Pembelajaran
Model : - TPS
- Kooperatif
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan
pemberian tugas
D.
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Waktu : 2
x 40’
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
Apersepsi
: a. Membahas
PR yang sulit
b. Mengingat kembali tentang titik sampel dan
ruang sampel
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran :
1. Siswa dapat menghitung peluang suatu
kejadian pada pelemparan mata uang logam
2. Siswa dapat menghitung peluang suatu
kejadian pada pelemparan suatu dadu
3. Siswa dapat menghitung peluang suatu
kejadian pada pelemparan 1 dadu dan 1 mata uang
Kegiatan Inti ( 65’ )
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara
menghitung peluang suatu kejadian dengan menggunakan rumus peluang suatu
kejadian
2. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS
4.2.1
3. Guru mengawasi jalannya diskusi dan
mengarahkan siswa yang sulit
4. Diambil secara acak wakil dari pasangan
untuk mempresentasikan jawaban dan yang lain menanggapi
5. Siswa diberi beberapa latihan soal
Penutup ( 5’ )
1. Siswa di arahkan membuat rangkuman
2. Guru dan siswa merefleksikan tentang
pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan
3. Guru memberi PR
Pertemuan kedua
Waktu : 2 x 40’
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
Apersepsi : a. Membahas
PR yang sulit
b. Dengan tanya jawab siswa
diingatkan hal-hal yang berkaitan dengan kartu
bridge, kartu berumus lempengan bernomor, dll.
Guru
menyampailan tujuan pembelajaran pada pertemuan ini yaitu
4. Menghitung peluang kejadian pada
seperangkat kartu bridge
5. Menentukan peluang suatu kejadian pada
kartu bernomor, lempengan bernomor dan manik-manik warna dalam sebuah kantong
Kegiatan Inti ( 65’ )
1. Dengan menggunakan LKS 4.2.2 siswa secara
berpasangan menghitung peluang pada seperangkat kartu bridge, kartu bernomor,
lempengan bernomor dan manik-manik warna dalam sebuah kantong
2. Guru mengawasi jalannya diskusi dan
mengarahkan siswa yang sulit
3. Diambil secara acak wakil dari pasangan
untuk menentukan peluang suatu kejadian dengan mempresentasikan, sedangkan
siswa yang lain menanggapi
4. Siswa dibei soal-soal latihan, beberapa
soal di presentasikan
5. Siswa diberi tes individu
Penutup ( 5’ )
1. Siswa di arahkan membuat rangkuman
2. Guru dan siswa merefleksikan tentang
pelaksanaan pembelajaran
3. Siswa diberi PR
Pertemuan ketiga
Waktu : 2 x 40’
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
Apersepsi : a. Membahas
PR yang sulit
b. Dengan tanya jawab siswa
diingatkan tentang cara mencari peluang dari berbagai kejadian
Guru
menyampailan tujuan pembelajaran :
6. Menghitung frekuensi harapan suatu
kejadian dari sejumlah percobaan
7. Menyelesaikan sahari-hari dengan menggunakan
peluang
Kegiatan Inti ( 65’ )
1. Siswa dikelompok,dengan anggota 5 siswa (
Kelompok awal )
2. Masing – masing kelompok diberi 5 soal
berbeda, anggota pertama mengerjakan soal nomor 1, anggota kedua mengerjakan
soal kedua.
3. Anggota yang mengerjakan soal no.1
berkumpul dengan anggota yang mengerjakan soal no 1, dan seterusnya (Kelompok
ahli)
4. Guru mengawasi jalannya diskusi dan
membimbing siswa yang mengalami kesulitan
5. Setelah anggota kelompok ahli mengerti
tentang tugas masing– masing, maka semua anggota kelompok ahli kembali pada
kelompok awal untuk menjelaskan hasil diskusi dari kelompok ahli ke anggota
kelompok awal
6. Semua anggota kelompok awal mencatat hasil
kerja kelompok ahli
7. Guru memberi penilaian dari hasil kerja
kelompok ahli
Penutup ( 5’ )
1. Siswa di arahkan membuat rangkuman
2. Guru dan siswa merefleksikan tentang
pelaksanaan pembelajaran
3. Siswa diberi PR
E.
Alat dan Sumber Pembelajaran
Buku siswa, dadu berwarna, kartu bridge,
kartu bernomor dan manik-manik warna
F.
Penilaian
Pertemuan pertama
Waktu : 15’
Teknik : Tes
Bentuk
Instrumen : Tertulis (Uraian)
1.
Dua
buah mata uang logam di lempar satu kali.
Tentukan peluang muncul keduanya gambar !
2.
Tiga
mata uang logam di lempar satu kali
Tentukan peluang muncul dua gambar !
3.
Sebuah
dadu di lempar satu kali
Tentukan peluang muncul mata dadu ganjil !
4.
Dua
buah dadu di lempar bersama satu kali muncul
Tentukan peluang muncul mata dadu
berjumlah 10 !
5.
Satu
dadu dan satu mata uang logam di lempar satu kali
Tentukan peluang muncul bilangan ganjil
dan angka !
alternatif
jawaban
1.
2.
3.
4.
5.
Pertemuan kedua
Waktu : 15’
Teknik : Tes
Bentuk
Instrumen : Tertulis (Uraian)
1. Pada seperangkap kartu bridge, diambil
satu kartu secara acak.
Tentukan terambil
kartu king !
2. Pada seperangkat kartu yang diberi nomor 1
hingga 10, satu kartu diambil secara acak. Tentukan peluang kartu yang terambil
bernomor lebih dari 6 !
3. Pada lempengan berbentuk lingkaran diberi
nomor 1 hingga 12 diputar sekali pada pusat lempengan. Tentukan peluang jarum
menunjuk pada angka bernomor genap tetapi bukan prima !
4. Pada sebuah kantong terdapat 15 kelereng
merah dan 9 kelereng putih. Di ambil satu kelereng secara acak. Tentukan peluang
yang terambil kelereng berwarna merah !
alternatif jawaban
1.
2.
3.
4.
Pertemuan
ketiga
Waktu : 15’
Teknik : Tes
Bentuk
Instrumen : Tertulis (Uraian)
1. Sebuah dadu di lempar 72 kali.
Berapa frekuensi harapan muncul mata dadu
bernomor 3 ?
2. Seperangkat kartu bridge diambil satu
kartu kemudian dikembalikan, diambil satu kartu kemudian ditambahkan, diambil
satu kartu lagi kemudian dikembalikan dan diteruskan dilakukan sampai 260 kali.
Tentukan banyaknya kartuAs yang terambil !
3. Peluang seorang anak naik kelas adalah
0,92. Tentukan peluang seorang anak tidak naik kelas!
4. Peluang seorang sopir selamat dari
kecelakaan selama satu tahun adalah 0,93. Tentukan banyak sopir yang mengalami
kecelakaan dalam satu tahun jika terdapat 1.000 sopir !
alternatif jawaban
1.
12
2.
20
3.
0,08
4.
0,07
x 1000 = 70 orang
Pedoman Penilaian :
|
Sumbawa, 7 Juli 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1
Unter Iwes Matematika
PUNIJAN, S.Pd MUHAMMAD
ABROR, S.Pd
NIP. 19710201 199703 1 012 NIP. 19721007 199803 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar