Senin, 26 November 2012

RPP Peluang KD 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                            : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER         : IX / 5

Standar Kompetensi          : 
4.     Memahami peluang kejadian sederhana

Kompetensi Dasar     

4.2    Menentukan peluang suatu kejadian sederhana

Indikator                             : 
1.   Menghitung peluang suatu kejadian
  1. Menghitung frekuensi harapan suatu kejadian dari sejumlah percobaan
  2. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan peluang

Alokasi waktu                     :  6    Jam pelajaran ( 3 pertemuan )

Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan  :   
      Mandiri, Teliti, cermat, berfikir logis, kritis, kerjasama, percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan dan kekurangan, saling menghargai

A.    Tujuan Pembelajaran :
  1. Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan mata uang logam
  2. Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan satu dadu
  3. Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan satu dadu dan satu mata uang logam
  4. Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada seperangkat kartu bridge
  5. Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada kartu bernomor, lempengan bernomor dan manik-manik warna dalam suatu kantong
  6. Siswa dapat menghitung frekuensi harapan suatu kejadian dari sejumlah percobaan
  7. Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan peluang

B.     Materi Ajar
1.      Dengan mengingat kembali ruang sampel pada pelemparan mata uang, menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan mata uang
  1. Dengan mengingat kembali ruang sampel pada pelemparan suatu dadu, menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan suatu dadu
  2. Dengan mengingat ruang sampel pelemparan 1 dadu dan 1 mata uang logam, menghitung peluang kejadian pada pelemparan 1 dadu dan mata uang logam
  3. Berdasarkan seperangkat kartu bridge, menghitung peluang kejadian pada pada kartu bridge
  4. Menggunakan kartu bernomor, lempengan bernomor dan manik-manik warna yang berada di dalam kantong, menghitung peluang pada kartu bernomor, lempengan bernomor dan manik-manik warna
  5. Frekuensi harapan suatu kejadian dari sejumlah percobaan
  6. Permasalahan sehari-hari yang menggunakan teori peluang

C.    Model dan Metode Pembelajaran
      Model              : - TPS
                                - Kooperatif
      Metode            : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas







D.    Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
      Waktu               :  2 x 40’
Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

      Apersepsi :   a.   Membahas PR yang sulit
         b.   Mengingat kembali tentang titik sampel dan ruang sampel

      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran :
1.   Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan mata uang logam
2.   Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan suatu dadu
3.   Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian pada pelemparan 1 dadu dan 1 mata uang
     
Kegiatan Inti ( 65’ )
1.      Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara menghitung peluang suatu kejadian dengan menggunakan rumus peluang suatu kejadian
2.      Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.2.1
3.      Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang sulit
4.      Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan yang lain menanggapi
5.      Siswa diberi beberapa latihan soal

Penutup ( 5’ )
1.      Siswa di arahkan membuat rangkuman
2.      Guru dan siswa merefleksikan tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan
3.      Guru memberi PR

Pertemuan kedua
Waktu               :  2 x 40’
Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

Apersepsi           :  a.   Membahas PR yang sulit
b.   Dengan tanya jawab siswa diingatkan hal-hal yang berkaitan dengan kartu  bridge, kartu berumus lempengan bernomor, dll.
      Guru menyampailan tujuan pembelajaran pada pertemuan ini yaitu
4.      Menghitung peluang kejadian pada seperangkat kartu bridge
5.      Menentukan peluang suatu kejadian pada kartu bernomor, lempengan bernomor dan manik-manik warna dalam sebuah kantong

Kegiatan Inti ( 65’ )
1.      Dengan menggunakan LKS 4.2.2 siswa secara berpasangan menghitung peluang pada seperangkat kartu bridge, kartu bernomor, lempengan bernomor dan manik-manik warna dalam sebuah kantong
2.      Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang sulit
3.      Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk menentukan peluang suatu kejadian dengan mempresentasikan, sedangkan siswa yang lain menanggapi
4.      Siswa dibei soal-soal latihan, beberapa soal di presentasikan
5.      Siswa diberi tes individu

Penutup ( 5’ )
1.      Siswa di arahkan membuat rangkuman
2.      Guru dan siswa merefleksikan tentang pelaksanaan pembelajaran
3.      Siswa diberi PR

Pertemuan ketiga
Waktu               :  2 x 40’
Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

Apersepsi           :  a.   Membahas PR yang sulit
b.   Dengan tanya jawab siswa diingatkan tentang cara mencari peluang dari berbagai kejadian
      Guru menyampailan tujuan pembelajaran : 
6.      Menghitung frekuensi harapan suatu kejadian dari sejumlah percobaan
7.      Menyelesaikan sahari-hari dengan menggunakan peluang

      Kegiatan Inti ( 65’ )
1.      Siswa dikelompok,dengan anggota 5 siswa ( Kelompok awal )
2.      Masing – masing kelompok diberi 5 soal berbeda, anggota pertama mengerjakan soal nomor 1, anggota kedua mengerjakan soal kedua.
3.      Anggota yang mengerjakan soal no.1 berkumpul dengan anggota yang mengerjakan soal no 1, dan seterusnya (Kelompok ahli)
4.      Guru mengawasi jalannya diskusi dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan
5.      Setelah anggota kelompok ahli mengerti tentang tugas masing– masing, maka semua anggota kelompok ahli kembali pada kelompok awal untuk menjelaskan hasil diskusi dari kelompok ahli ke anggota kelompok awal
6.      Semua anggota kelompok awal mencatat hasil kerja kelompok ahli
7.      Guru memberi penilaian dari hasil kerja kelompok ahli

      Penutup ( 5’ )
1.      Siswa di arahkan membuat rangkuman
2.      Guru dan siswa merefleksikan tentang pelaksanaan pembelajaran
3.      Siswa diberi PR

E.     Alat dan Sumber Pembelajaran
      Buku siswa, dadu berwarna, kartu bridge, kartu bernomor dan manik-manik warna

F.     Penilaian
      Pertemuan pertama
      Waktu                     :  15’
      Teknik                     :  Tes
      Bentuk Instrumen  :  Tertulis (Uraian)

1.      Dua buah mata uang logam di lempar satu kali.
Tentukan peluang muncul keduanya gambar !
2.      Tiga mata uang logam di lempar satu kali
Tentukan peluang muncul dua gambar !
3.      Sebuah dadu di lempar satu kali
Tentukan peluang muncul mata dadu ganjil !
4.      Dua buah dadu di lempar bersama satu kali muncul
Tentukan peluang muncul mata dadu berjumlah 10 !
5.      Satu dadu dan satu mata uang logam di lempar satu kali
Tentukan peluang muncul bilangan ganjil dan angka !
      alternatif  jawaban
1.                                                                                  
2.                                                                                   
3.                                                                                 
4.                                                                                   
5.                                                                             

Pertemuan kedua
      Waktu                     :  15’
      Teknik                     :  Tes
      Bentuk Instrumen  :  Tertulis (Uraian)

1.      Pada seperangkap kartu bridge, diambil satu kartu secara acak.
Tentukan terambil kartu king !
2.      Pada seperangkat kartu yang diberi nomor 1 hingga 10, satu kartu diambil secara acak. Tentukan peluang kartu yang terambil bernomor lebih dari 6 !
3.      Pada lempengan berbentuk lingkaran diberi nomor 1 hingga 12 diputar sekali pada pusat lempengan. Tentukan peluang jarum menunjuk pada angka bernomor genap tetapi bukan prima !
4.      Pada sebuah kantong terdapat 15 kelereng merah dan 9 kelereng putih. Di ambil satu kelereng secara acak. Tentukan peluang yang terambil kelereng berwarna merah ! 
     
      alternatif  jawaban
1.                                                                                   
2.                                                                                   
3.                                                                                   
4.                                                                                 


      Pertemuan ketiga     
      Waktu                     :  15’
      Teknik                     :  Tes
      Bentuk Instrumen  :  Tertulis (Uraian)

1.      Sebuah dadu di lempar 72 kali.
Berapa frekuensi harapan muncul mata dadu bernomor 3 ?
2.      Seperangkat kartu bridge diambil satu kartu kemudian dikembalikan, diambil satu kartu kemudian ditambahkan, diambil satu kartu lagi kemudian dikembalikan dan diteruskan dilakukan sampai 260 kali.
Tentukan banyaknya kartuAs yang terambil !
3.      Peluang seorang anak naik kelas adalah 0,92. Tentukan peluang seorang anak tidak naik kelas! 
4.      Peluang seorang sopir selamat dari kecelakaan selama satu tahun adalah 0,93. Tentukan banyak sopir yang mengalami kecelakaan dalam satu tahun jika terdapat 1.000 sopir !

alternatif  jawaban
1.                                                                              12
2.                                                                              20
3.                                                                              0,08
4.                                                                              0,07 x 1000 = 70 orang

Pedoman Penilaian :           

Nilai Diperoleh   =   Jumlah Skor diperoleh   x   100
                                 Jumlah Skor Maksimal



 
             



Sumbawa, 7 Juli 2012

Mengetahui                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1 Unter Iwes                                             Matematika





PUNIJAN, S.Pd                                                                MUHAMMAD ABROR, S.Pd
      NIP. 19710201 199703 1 012      NIP. 19721007 199803 1 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar