Senin, 26 November 2012

RPP Bangun Ruang Sisi Lengkung KD 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                            : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER         : IX / 5

Standar Kompetensi   :   
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar      :   
2.2. Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola

Indikator :                    :
1.      Menghitung luas selimut tabung, kerucut dan bola
2.      Menghitung volume tabung, kerucut dan bola
.

Alokasi waktu : 12 jam pelajaran (6 pertemuan)

Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan  :   
      Mandiri, berfikir logis, kritis, kerjasama, saling menghargai, percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan dan kekurangan, kerja keras

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat menghitung luas selimut tabung
2.      Siswa dapat menghitung luas selimut kerucut
3.      Siswa dapat menghitung luas selimut kulit bola
4.      Siswa dapat menghitung volume tabung
5.      Siswa dapat menghitung volume kerucut
6.      Siswa dapat menghitung volume bola

B.     MATERI AJAR
a.       Menggunakan berbagai kaleng yang berbentuk tabung , kemudian diukur keliling tabung dan tingginya, menghitung luas badan tabung dengan menggunakan luas persegi panjang.
b.      Menggunakan cetakan tumpeng atau topi berbentuk kerucut , kemudian diukur garis pelukis dan keliling alas lingkaran untuk menghitung luas selimut tabung.
c.       Bola plastik diukur keliling lingkaran untuk menentukan jari-jari bola, menggambar lingkaran sebanyak 4 dengan jari-jari tadi dan bola plastik ditempelkan (pecahan bola plastik).
d.      Dengan menganalogkan bahwa tabung merupakan prisma yang alasnya berbentuk lingkaran, dijelaskan cara memperoleh rumus volum tabung
e.       Dengan menganalogkan bahwa kerucut merupakan limas yang alasnya berbentuk lingkaran, dijelaskan cara memperoleh rumus volum kerucut
f.       Bola plastik dipotong menjadi 2 bagian, menentukan jari-jarinya dan buatlah kerucut dengan jari-jari dan tinggi yang sama dengan bola tadi, untuk menghitung volume bola dan membandingkan dengan bola tadi, untuk menghitung volume bola dan membandingkan hubungan antara volume kedua bangun tadi.

C.    MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model            :    Kooperatif STAD
a.       Metode    :    Ceramah , tanya jawab , penugasan

D.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø  Pertemuan Pertama
Waktu  : 2 x 40 menit

Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

   Apersepsi : a. Membahas PR yang sulit
       b.Mengingat kembali tentang unsur-unsur pada tabung dan luas lingkaran
           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu :
1.      Siswa dapat menghitung luas selimut tabung
Motivasi : Materi ini akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari misal membuat tandon air,kubah masjid, menentukan isi/volume tandon air dsb.

Kegiatan inti :
1.       Guru mengorganisir/mengelompokkan siswa untuk membuat duplikat tabung dari karton
2.       Guru mengarahkan siswa untuk mengukur tabung, yang telah dibawa (yang diukur jari-jari, tinggi, dll).
3.       Siswa diarahkan untuk menghitung luas selimut tabung dari benda yang tersedia dan dari bangun yang telah dibuat oleh kelompoknya
4.       Siswa membuat laporan hasil kerja dalam membuat dan menghitung luas permukaan dari tabung
5.       Dengan tanya jawab,siswa dijelaskan cara memperoleh rumus luas tabung
6.       Tiap kelompok diberi soal latihan
7.       Kelompok terpilih mempresentasikan hasil kerjanya, dan kelompok yang lain menanggapi

Penutup :
1. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman tentang luas permukaan tabung
2. Siswa diberi PR

Ø  Pertemuan Kedua
Waktu : 2 x 40 menit

Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

Apresepsi : Membahas PR yang sulit
                                Mengingat unsur-unsur kerucut
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu :
               2. Siswa dapat menghitung luas permukaan kerucut
Motivasi : Materi ini bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dalam membuat topi ultah, cetakan    tumpeng, dll.

Kegiatan Inti :
1.         Guru mengorganisir/mengelompokkan siswa untuk membuat duplikat kerucut dari karton
2.         Guru mengarahkan siswa untuk mengukur kerucut, yang telah dibawa (yang diukur jari-jari alas dan garis pelukis)
3.         Siswa dijelaskan tentang cara memperoleh rumus luas selimut kerucut
4.         Siswa disuruh menghitung menghitung luas permukaan dari kerucut yang dibuat
5.         Tiap kelompok diberi soal latihan
6.         Kelompok terpilih mempresentasikan hasil kerjanya, dan kelompok yang lain menanggapi

Penutup :
1.         Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman / kesimpulan
2.         Guru memberi tugas

Ø  Pertemuan Ketiga
Waktu : 2 x 40 menit

Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

Apresepsi : a.membahas PR yang sulit
                                 b.Mengingat kembali tentang luas lingkaran
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan ketiga yaitu :
3.      Siswa dapat menghitung luas permukaan bola

Kegiatan Inti :
1.      Siswa berkumpul pada kelompok masing-masing, dan mengukur jari-jari bola plastik kecil yang dibawahnya
2.      Siswa menggambar empat lingkaran dengan panjang jari-jari sesuai dengan jari-jari bola plastik kecil tadi
3.      Bola plastik tadi dipotong kecil-kecil dan itempel/ditutupkan pada keempat lingkaran yang sudah digambar. Siswa diharapkan dapat membuktikan luas permukaan bola = 4 kali luas lingkaran ( jari-jari bola sama dengan jari-jari lingkaran )
4.      Tiap kelompok diberi soal latihan
5.      Kelompok terpilih mempresentasikan hasil kerjanya  

Penutup :
1.       Siswa diarahkan membuat rangkuman
2.       Siswa diberi PR


Ø  Pertemuan empat
Waktu : 2 x 40 menit

Pendahuluan(+ 10 menit)
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

Apresepsi : membahas PR yang sulit
                                 Mengingat kembali prisma dan rumus volum prisma
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan keempat yaitu :
4.  Siswa dapat menghitung volume tabung
Motivasi : menyampaikan kegunaan materi ini dalam kehidupan

Kegiatan Inti : (+ 65 menit)
1.       Dengan tanya jawab, siswa dijelaskan cara memperoleh rumus volum tabung dengan menganalogkan bahwa tabung merupakan prisma yang alasnya berbentuk lingkaran
2.       Tiap kelompok diberi soal latihan,guru mengawasi dan memberi bimbingan apabila ada yang mengalami kesulitan
3.       kelompok terpilih mempresentasikan hasil kerjanya. Kelompok yang lain memberi tanggapan
4.       Siswa diberi soal tugas
5.       Siswa dipilih secara acak untuk menuliskan hasil kerjanya di papan
6.       Siswa yang lain mencocokkan hasil kerjanya .

Penutup : (+ 5 menit)
1.       Siswa diarahkan membuat rangkuman
2.       Siswa diberi PR


Ø  Pertemuan Kelima
Waktu : 2 x 40 menit

Pendahuluan  (+ 10 menit)
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

Apresepsi:  a.Membahas PR yang sulit
b.Mengingat kembali tentang limas dan rumus volum limas
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kelima yaitu :
5. Siswa dapat menghitung volume kerucut
Motivasi: Menyampaikan manfaat materi ini dalam kehidupan sehari-hari

Kegiatan Inti : (+ 65 menit)
1.       Dengan tanya jawab, siswa dijelaskan cara memperoleh rumus volum kerucut dengan menganalogkan bahwa kerucut merupakan limas yang alasnya berbentuk lingkaran
2.       Tiap kelompok diberi soal latihan,guru mengawasi dan memberi bimbingan apabila ada yang mengalami kesulitan
3.       kelompok terpilih mempresentasikan hasil kerjanya. Kelompok yang lain memberi tanggapan
4.       Siswa diberi soal tugas
5.       Siswa dipilih secara acak untuk menuliskan hasil kerjanya di papan
6.       Siswa yang lain mencocokkan hasil kerjanya .

Penutup : (+ 5 menit)
1.       Siswa diarahkan membuat rangkuman
2.       Siswa diberi PR

Ø  Pertemuan Keenam
Waktu : 2 x 40 menit

Pendahuluan  (+ 5 menit)
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter


Apresepsi:  a.Membahas PR yang sulit
b.Mengingat kembali tentang rumus volum kerucut
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kelima yaitu :
5. Siswa dapat menghitung volume bola
Motivasi: Menyampaikan manfaat materi ini dalam kehidupan sehari-hari

Kegiatan Inti : (+ 65 menit)
1.      Siswa berkumpul padakelompokmasing-masing
2.      Tiap kelompok diberi bola dan kerucut yang jari-jari alasnya sama dengan jari-jari bola, serta tinggi kerucut sama dengan panjang jari-jari bola
3.      Siswa mengisi kerucut tersebut dengan gula pasir kemudian dituangkan pada bola. (diharapkan siswa dapat menunjukkan volum bola = 4 kali volum kerucut)
4.      Tiap kelompok diberi soal latihan
5.      Kelompok terpilih mempresentasikan hasil pekerjaannya

Penutup : (+ 5 menit)
1.       Siswa diarahkan membuat rangkuman
2.       Siswa diberi PR

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Buku paket
2.      LKS dari MGMP Matematika SMP Gresik
3.      Tabung, kerucut, bola
4.      Jangka, busur derajat, penggaris, benang, beras dan kertas karton.

F.     PENILAIAN
Pertemuan Pertama :
Waktu                    :    10 menit
Tehnik                    :    Tes
Bentuk Instrumen :    Tertulis

1)      Suatu tabung mempunyai jari-jari 20 cm dan tingginya 30 cm hitunglah luas selimut tabung.
2)      Luas selimut sebuah tabung 528 cm2, jika tinggi tabung 12 cm dan p =  , hitunglah panjang jari-jari alas tabung.
3)      Suatu kerucut mempunyai jari-jari 20 cm dan tingginya 40 cm hitunglah luas selimut kerucut

Kunci :
1.       Luas selimut tabung   =  2 p r t = 2 . 3,14 . 20 . 30 = 3768 cm2
2.       Luas selimut tabung   =  2 p r t
528     =  2  r 12   
                            r       = 
                            r       =  7 cm
Pertemuan kedua
Waktu                    :    10 menit
Tehnik                    :    Tes
Bentuk Instrumen :    Tertulis
        

1.       Suatu kerucut mempunyai jari-jari 30 cm dan tingginya 40 cm hitunglah luas selimut kerucut
2.       Tinggi sebuah kerucut 12 cm dan panjang garispelukisnya 123 cm. Hitunglah :
a.       Panjang jari-jari alas
b.       Luas kerucut

Kunci :
Luas selimut kerucut        =   p r s                          s =
                                         =   3,14 . 30 . 50 = 4710 cm2


Pertemuan Ketiga
Waktu                    :    15 menit
Tehnik                    :    Tes
Bentuk Instrumen :    Tertulis (uraian)

1.      Jari – jari suatu bola 10 cm, hitunglah luas permukaan bola
2.      Ali akan menghias bola dengan kertas berwarna, berapa luas kertas yang diperlukan jika jari-jari bola 20 cm?

Kunci :
1. Luas bola    = 4 . p r2 = 4 . 3,14 . 100 = 1256 cm2
2. Luas kertas =  luas bola  =   4 . p r2 = 4 . 3,14 . 400 = 5.024 cm2

Pertemuan Keempat
Waktu                    :    10 menit
Tehnik                    :    Tes
Bentuk Instrumen :    Tertulis (uraian)

1.      Hitunglah volum tabung yang berjari-jari 28 cm dan tinggi 125 cm
2.      volum sebuah tabung 6280 cm3, jika jari-jari tabung 10 cm, tentukan tinggi tabung (p =  )
Luas selimut kerucut 816,4 cm2 jika panjang garis pelukis 26 cm. Hitunglah volume kerucut ! (p = 3,14 )

Kunci :
1. V. tabung  = p r2 t                ,            
                      =   x 282 x 125
                =  308.000 cm3
        L.sel = p r s                      V.kerucut     = 1/3 . p r2t
816,4 = 3,14 . 26 . r                                = 1/3 . 3,14 . 100 . 24 = 2512 cm3
        r =  10

Pertemuan Kelima
Waktu                    :    10 menit
Tehnik                    :    Tes
Bentuk Instrumen :    Tertulis (uraian)

1. Luas selimut kerucut 816,4 cm2 jika panjang garis pelukis 26 cm. Hitunglah volume kerucut ! (p = 3,14 )

Kunci :

L.sel. kerucut = p r s                                      V.kerucut         = 1/3 . p r2t
    816,4   = 3,14 . 26 . r                                                    = 1/3 . 3,14 . 100 . 24    r             =  10                                                                               = 2512 cm3

Pertemuan keenam
Waktu                    :    10 menit
Tehnik                    :    Tes
Bentuk Instrumen :    Tertulis (uraian)


1.      Suatu bola plastik berjari-jari 5 cm, hitunglah volume bola
2.      Jari – jari bola I : jari-jari bola  II = 3 : 5. Hitunglah perbandingan volume bola I dan  volume bola II
Kunci
1. V bola     = 4/3 p r 3
                   = 4/3 3,14 53
                   = 523,33 cm3       
2. VI : VII     = 4/3 p rI 3 : 4/3 p rII 3
                   =  33 : 53
                          = 27 ; 125



Pedoman penskoran
         ( Skor perolehan : Skor maximal ) x 100


              Sumbawa, 7 Juli 2012

Mengetahui                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1 Unter Iwes                                             Matematika






PUNIJAN, S.Pd                                                                MUHAMMAD ABROR, S.Pd
      NIP. 19710201 199703 1 012                                            NIP. 19721007 199803 1 004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar