RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : IX / 5
Standar Kompetensi :
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
Kompetensi Dasar :
3.1 Menentukan rata-rata,
median, dan modus data tunggal serta penafsirannya.
Indikator :
1.
Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur, dan
mencatat data dengan turus/tally.
2. Mengurutkan data tunggal, mengenal
data terkecil, terbesar, dan jangkauan data
3.
Menentukan kuartil dari data tunggal
4.
Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta
penafsirannya
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran ( 3 pertemuan)
Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan
:
Mandiri, Teliti, cermat, berfikir logis,
kritis, kerjasama, percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan
dan kekurangan, saling menghargai
A.
Tujuan
Pembelajaran :
- Siswa dapat mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally
- Siswa dapat mengurutkan data tunggal dari kecil ke besar atau sebaliknya.
- Siswa dapat menyebutkan data terkecil, terbesar, dan jangkauan data
- Siswa dapat menentukan kuartil dari data tunggal
- Siswa dapat menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
B.
Materi Ajar
:
Pengumpulan dan
pengurutan data
Data terkecil,
terbesar dan jangkauan dan kuarti data
Rata-rata, median, dan modus sekumpulan data
C. Model dan Metode Pembelajaran
Model
: kooperatif
Metode : Diskusi kelompok, tanya jawab dan
penugasan
D.
Langkah-langkah
kegiatan :
Pertemuan pertama :
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
Apersepsi :
mengingat kembali tentang operasi bilangan
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran :
1. Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat data
dengan turus/tally
2. Siswa dapat
mengurutkan data tunggal dari kecil ke besar atau sebaliknya
Motivasi :
menceritakan manfaat materi ini dalam kehidupan sehari-hari
Kegiatan Inti :
1.
Siswa
dibagi dalam kelompok diskusi yang beranggota 5 orang
2.
Siswa
diminta mengerjakan LKS tentang cara pengumpulan data dengan mencacah,
mengukur, dan mencatat secara kelompok
3.
Siswa
mendiskusikan cara menyusun daftar hasil
pengumpulan data dan mengurutkannya dari kecil ke besar atau sebaliknya dalam
bentuk tabel . Guru sebagai fasilitator.
4.
Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya, kelompok lain menanggapinya.
5.
Guru memberikan klarifikasi dan penekanan
6.
Hasil kerja kelompok ditempel di papan display
7.
Penghargaan diberikan pada kelompok yang mengerjakan
paling baik.
8.
Kuis secara individu
Kegiatan Penutup
1.
Siswa diarahkan membuat rangkuman
2.
Siswa diberi tugas PR
3.
Guru dan siswa melakukan refleksi
Pertemuan kedua :
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
Revisi : membahas soal PR yang sulit
Apersepsi : mengingat kembali
tentang cara pengumpulan data
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran :
3. Siswa dapat menyebutkan data
terkecil, terbesar, dan jangkauan data
4.
Siswa dapat menentukan kuartil dari data tunggal
Motivasi :
menceritakan manfaat materi ini pada kehidupan sehari-hari
Kegiatan Inti :
1.
Siswa berkumpul pada kelompoknya
2.
Siswa diminta melihat data yang telah
dikumpulkan/diperoleh pada pertemuan sebelumnya
3.
Tiap kelompok diminta untuk menentukan data terkecil,
terbesar, dan jangkauan data
4.
Guru memantau kerja kelompok mengarahkan dan membimbing
siswa yang mengalami kesulitan
5.
Guru meminta 2 – 3 kelompok siswa untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompok, dan kelompok lain menanggapinya
6.
Kuis secara individu
Penutup
a.
Siswa diarahkan membuat rangkuman
b.
Siswa diberi tugas PR
c.
Guru dan siswa melakukan refleksi
Pertemuan ketiga :
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
Revisi : membahas soal PR yang sulit
Apersepsi :
mengingat kembali tentang cara mengurutkan data, menentukan data terkecil,
terbesar, dan jangkauan data
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran :
5. Siswa dapat menentukan rata-rata, median,
dan modus data tunggal serta penafsirannya
Motivasi : menceritakan manfaat materi ini pada
kehidupan sehari-hari
Kegiatan Inti :
- Pembagian kelompok 10 orang per kelompok
- Dengan LKS , siswa dijelaskan tentang mean, modus dan median dari suatu data
- Tiap kelompok mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru
- Kelompok terpilih mempresentasikan hasil kerjanya, sedang kelompok yang lain menanggapi
- Siswa diberi tugas individu
- Siswa saling mengkoreksi jawaban dengan teman sebangku
Penutup
- Siswa diarahkan membuat rangkuman
- Siswa diberi tugas PR
E. Alat dan sumber Belajar
Buku teks, pengukur tinggi badan,
timbangan badan, dan lingkungan sekitar.
F. Penilaian
Teknik : tes
Bentuk
instrumen : tertulis
Instrumen
penilaian :
Pertemuan pertama
1. Hasil
pengukuran tinggi badan dari 20 orang
siswa kelas IX, diperoleh data sebagai
beikut :
132
134 150 145
160 135 150
160 143 135
150 137 160
134 130 147
147 145 160
150
Dari data di atas, buatlah tabel
frekeunsi
Altenatif Jawaban :
No
|
Tinggi Badan
|
Turus
|
Banyak siswa
|
1
|
130
|
/
|
1
|
2
|
132
|
/
|
1
|
3
|
134
|
//
|
2
|
4
|
135
|
//
|
2
|
5
|
137
|
/
|
1
|
6
|
143
|
/
|
1
|
7
|
145
|
//
|
2
|
8
|
147
|
//
|
2
|
9
|
150
|
////
|
4
|
10
|
160
|
////
|
4
|
Jumlah
|
20
|
Pertemuan kedua
1. Hasil
pengukuran tinggi badan dari 32 orang
siswa kelas IX dalam cm, diperoleh
data sebagai beikut :
132 134 150 145 160
135 150 160
143 135 150
137 160 134 130
147 147 145
160 150 140
145 135 145
150 160 145 147
132 140 160
147
Dari
data di atas,
a. Urutkan dari data yang terkecil ke yang
terbesar
b. Tentukan selisih data terendah dan
tertinggi
Altenatif jawaban :
a. 130, 132,
134, 135, 137, 140, 143,
145, 147, 150, 160
b. Selisih data tertinggi
dan terendah = 160 - 130
=
30
Pertemuan ketiga
1. Hasil
ulangan matematika dari 20 orang siswa, diperoleh data sebagai berikut :
Nilai
|
10
|
9
|
7
|
6
|
Banyak Siswa
|
4
|
5
|
9
|
2
|
Tentukan
nilai rata-rata dari seluruh siswa
tersebut !
- Gaji rata rata dari 9 orang pekerja adalah Rp 1.500.000,00.Jika ada seorang pekerja lain yang gajinya digabungkan, maka gaji rata-rata dari 10 orang pekerjaturun Rp 30.000,00 Berapa rupiah gaji pekerja yang baru bergabung ?
Alternatif Penyelesaian dan Pedoman Penskoran :
Penyelesaian
:
Skor
1.Rata-rata ( X) = ( 4 x 10 ) + ( 5 x 9 ) + ( 9 x 7 ) + ( 2
x 6 )
.......................... 1
4 + 5 + 9 + 2
= 40 +
45 + 63
+ 12 ................................................ 1
20
= 160 ............................................................................ 1
20
=
8
................................................................................
1
Jumlah Skor ...... 4
2. Diketahui :
Gaji rata-rata dari 9
orang = Rp 1.500.000,00
Gaji rata-rata dari 10
orang = Rp 1500.000,00 – Rp 30.000,00
= Rp 1.470.000,00 ............................................ 1
Misalkan :
Rata –rata dari 10
orang =
X
Gaji Pekerja yang baru = P
X = (
9 x 1.500.000,00 ) + ( 1 x P )
.................................. 1
10
1.470.000,00 = 13.500.000,00 + P
................................................... 1
10
10 x 1.470.000,00 = 13.500.000,00 + P
...................................................... 1
14.700.000,00 =
13.500.000,00 + P
P =
14.700.000,00 – 13.500.000,00
.................................
1
P =
1.200.000,00
.............................................................. 1
Jadi gaji Pekerja yang
baru bergabung adalah Rp
1.200.000,00
Jumlah
Skor ....... 6 +
Jumlah
Skor maksimal
....................................
10
Pedoman Penilaian :
|
Sumbawa, 7 Juli 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1
Unter Iwes Matematika
PUNIJAN, S.Pd MUHAMMAD
ABROR, S.Pd
NIP. 19710201 199703 1 012 NIP.
19721007 199803 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar