RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : IX / 5
Standar Kompetensi :
4. Memahami peluang
kejadian sederhana
Kompetensi Dasar :
4.1
Menentukan ruang sampel suatu percobaan
Indikator : :
1. Menjelaskan pengertian ruang sampel dan
titik sampel dari suatu percobaan
2. Menentukan ruang sampel suatu percobaan
dengan mendata titik sampelnya
Alokasi waktu
: 2 x 40 menit ( 1 pertemuan)
Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan
:
Mandiri, Teliti, cermat, berfikir logis,
kritis, kerjasama, percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan
dan kekurangan, saling menghargai
A.
Tujuan
Pembelajaran :
- Siswa dapat menentukan titik sampel dari suatu percobaan sederhana
- Siswa dapat menentukan ruang sampel dari suatu percobaan sederhana
- Siswa dapat mendata semua titik sampel dari suatu percobaan
- Siswa dapat menentukan ruang sampel dari suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya
B.
Materi Ajar
:
Peluang : titik sampel, ruang sampel
C.
Model dan Metode
Pembelajaran :
Model :
kooperatif STAD
Metode :Diskusi
kelompok, demonstrasi, tanya jawab.
D.
Langkah-langkah
kegiatan :
Pertemuan pertama :
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
Apersepsi :Guru bercerita
tentang memilih tempat sebelum pertandingan dimulai atau lainnya menggunakan
undian
Motivasi
:
1.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan
dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3.
Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan
digunakan
Kegiatan Inti :
- Siswa dikelompokan, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 7 orang.
- Masing-masing kelompok diarahkan untuk melakukan demonstrasi percobaan pelemparan sebuah mata uang logam sebanyak lima kali. Dengan membagi-bagi tugas, ada yang melakukan pelemparan, ada yang mengamati, dan ada yang mencatat hasil pelemparan.
- Masing-masing kelompok diminta untuk menyampaikan hasil percobaannya, guru menulis di papan tulis hasil percobaan dari tiap-tiap kelompok
- Dengan tanya jawab guru mengarahkan siswa untuk mengenal titik sampel dan ruang sampel dari percobaan melempar uang koin tadi
- Dengan mengamati sebuah dadu, siswa diarahkan untuk dapat menyebutkan titik sampel dan ruang sampel apabila dadu tersebut dilempar undi
- Siswa diminta untuk melakukan percobaan kembali dengan 5 buah kelereng yang mempunyai warna berbeda-beda, dengan cara ambil satu tampa melihatnya kemudian ditulis hasil warna kelereng yang terambil kemudian dikembalikan, mengambil diulang dan seterusnya melakukan berulang, diminta untuk menuliskan titik sampel dan ruang sampelnya;
- Siswa mengerjakan soal latihan, kemudian dibahas bersama-sama;
Kegiatan Penutup
- Siswa dibimbing untuk menyimpulkan pengertian titik sampel dan ruang sampel;
- Siswa diberi PR
- Siswa diminta menulis hal-hal yang menyenangkan, bermanfaat dan berkesan serta yang tidak menyenangkan, kurang manfaat baginya dalam mempelajari materi ini;
E. Alat
dan sumber Belajar
Buku teks, uang
logam, dadu, kelereng berwarna dan identik, sera toples (wadah) tidak tembus
pandang.
F. Penilaian
Teknik : tes
tetulis
Bentuk instrumen
: uraian
Waktu : 5’
Instrumen :
1.
Dua buah dadu dilambungkan bersama-sama satu kali.
a.
tulis
semua titik sampel yang mungkin;
b.
dari
data/jawaban a. tulis ruang sampelnya;
Kunci jawaban
Dadu ke-1
|
Dadu ke-2
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||||
1
2
3
4
5
6
|
(1, 1)
(2, 1)
(3, 1)
(4, 1)
(5, 1)
(6, 1)
|
(1, 2)
(2, 2)
(3, 2)
(4, 2)
(5, 2)
(6, 2)
|
(1, 3)
(2, 3)
(3, 3)
(4, 3)
(5, 3)
(6, 3)
|
(1, 4)
(2, 4)
(3, 4)
(4, 4)
(5, 4)
(6, 4)
|
(1, 5)
(2, 5)
(3, 5)
(4, 5)
(5, 5)
(6, 5)
|
(1, 6)
(2, 6)
(3, 6)
(4, 6)
(5, 6)
(6, 6)
|
||||||
Pedoman Penilaian :
|
Sumbawa, 7 Juli 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1
Unter Iwes Matematika
PUNIJAN, S.Pd MUHAMMAD
ABROR, S.Pd
NIP. 19710201 199703 1 012 NIP.
19721007 199803 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar