Senin, 26 November 2012

RPP Peluang KD 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                            : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER         : IX / 5

Standar Kompetensi :
4. Memahami peluang kejadian sederhana

Kompetensi Dasar     :
 4.1  Menentukan ruang sampel suatu percobaan

Indikator  :                :
1.      Menjelaskan pengertian ruang sampel dan titik sampel dari suatu percobaan
2.      Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya

Alokasi waktu           : 2 x 40 menit ( 1 pertemuan)

Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan  :   
      Mandiri, Teliti, cermat, berfikir logis, kritis, kerjasama, percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan dan kekurangan, saling menghargai

A.    Tujuan Pembelajaran :
  1. Siswa dapat menentukan titik sampel dari suatu percobaan sederhana
  2. Siswa dapat menentukan ruang sampel dari suatu percobaan sederhana
  3. Siswa dapat mendata semua titik sampel dari suatu percobaan
  4. Siswa dapat menentukan ruang sampel dari suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya

B.     Materi Ajar :
 Peluang : titik sampel, ruang sampel

C.     Model dan Metode Pembelajaran :
Model  : kooperatif STAD
Metode :Diskusi kelompok, demonstrasi, tanya jawab.

D.    Langkah-langkah kegiatan :
Pertemuan pertama :
Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

 Apersepsi :Guru bercerita tentang memilih tempat sebelum pertandingan dimulai atau lainnya menggunakan undian
 Motivasi        : 
1.   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
2.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3.   Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan

Kegiatan Inti :
  1. Siswa dikelompokan, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 7 orang.
  2. Masing-masing kelompok diarahkan untuk melakukan demonstrasi percobaan pelemparan sebuah mata uang logam sebanyak lima kali. Dengan membagi-bagi tugas, ada yang melakukan pelemparan, ada yang mengamati, dan ada yang mencatat hasil pelemparan.
  3. Masing-masing kelompok diminta untuk menyampaikan hasil percobaannya, guru menulis di papan tulis hasil percobaan dari tiap-tiap kelompok
  4. Dengan tanya jawab guru mengarahkan siswa untuk mengenal titik sampel dan ruang sampel dari percobaan melempar uang koin tadi
  5. Dengan mengamati sebuah dadu, siswa diarahkan untuk dapat menyebutkan titik sampel dan ruang sampel apabila dadu tersebut dilempar undi
  6. Siswa diminta untuk melakukan percobaan kembali dengan 5 buah kelereng yang mempunyai warna berbeda-beda, dengan cara ambil satu tampa melihatnya kemudian ditulis hasil warna kelereng yang terambil kemudian dikembalikan, mengambil diulang dan seterusnya melakukan berulang, diminta untuk menuliskan titik sampel dan ruang sampelnya;
  7. Siswa mengerjakan soal latihan, kemudian dibahas bersama-sama;

Kegiatan Penutup
  1. Siswa dibimbing untuk menyimpulkan pengertian titik sampel dan ruang sampel;
  2. Siswa diberi PR
  3. Siswa diminta menulis hal-hal yang menyenangkan, bermanfaat dan berkesan serta yang tidak menyenangkan, kurang manfaat baginya dalam mempelajari materi ini;

E.  Alat dan sumber Belajar
Buku teks, uang logam, dadu, kelereng berwarna dan identik, sera toples (wadah) tidak tembus pandang.

F.   Penilaian
Teknik : tes tetulis
Bentuk instrumen : uraian
Waktu : 5’
Instrumen  :
1.      Dua buah dadu dilambungkan bersama-sama satu kali.
a.                               tulis semua titik sampel yang mungkin;
b.                              dari data/jawaban a. tulis ruang sampelnya;

Kunci jawaban
Dadu ke-1
Dadu ke-2
1
2
3
4
5
6

1
2
3
4
5
6
(1, 1)
(2, 1)
(3, 1)
(4, 1)
(5, 1)
(6, 1)
(1, 2)
(2, 2)
(3, 2)
(4, 2)
(5, 2)
(6, 2)
(1, 3)
(2, 3)
(3, 3)
(4, 3)
(5, 3)
(6, 3)
(1, 4)
(2, 4)
(3, 4)
(4, 4)
(5, 4)
(6, 4)
(1, 5)
(2, 5)
(3, 5)
(4, 5)
(5, 5)
(6, 5)
(1, 6)
(2, 6)
(3, 6)
(4, 6)
(5, 6)
(6, 6)














Pedoman Penilaian :



Nilai Diperoleh   =   Jumlah Skor diperoleh   x   100
                                 Jumlah Skor Maksimal



 
 



            
  Sumbawa, 7 Juli 2012

Mengetahui                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1 Unter Iwes                                             Matematika





PUNIJAN, S.Pd                                                                MUHAMMAD ABROR, S.Pd
      NIP. 19710201 199703 1 012                                            NIP. 19721007 199803 1 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar