Senin, 26 November 2012

RPP Kesebangunan KD 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                            : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER         : IX / 5

Standar Kompetensi    :
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar        :
1.3  Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah

Indikator                       :  
1. Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
2. Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan segitiga

Alokasi waktu               :  4 x 40 menit ( 2 pertemuan)

Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan  :   
      Mandiri, berfikir logis, kritis, kerjasama, percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan dan kekurangan

A.    Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
2.  Siswa dapat memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan segitiga.

B.     Materi Ajar :
1.      Menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua segitiga yang sebangun
2.      Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan segitiga

C.    Metode Pembelajaran :
Diskusi kelompok, tanya jawab, pemberian tugas dan penemuan terbimbing

D.    Langkah-langkah kegiatan :

Pertemuan pertama
Waktu : 2 X 40’

Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

a. Apersepsi : - mengingat kembali tentang pengertian dan syarat dua segitiga sebangun dan kongruen.
b. Menyampaikan tujuan pertemuan ini, yaitu:
1.      Siswa dapat menghitung panjang sisi yang belum diketehui dari dua segitiga sebangun.

c. Motivasi  :  Apabila materi ini dikuasai siswa dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.


Kegiatan Inti :
a.       Siswa dibagi menjadi kelompok dengan anggota 2 sampai 4 orang. Setiap kelompok diminta mendiskusikan Latihan 1.8 halaman 27 Nomor 1 s.d. 6 buku paket (Matematika Menyenangkan). Hasil diskusi dipresentasikan oleh beberapa kelompok dan kelompok lain memberi tanggapan. Guru memberikan bantuan membuat kesepakatan bersama jika ada perbedaan pendapat.
b.      Siswa secara berpasangan sebangku mengerjakan latihan tentang menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua segitiga sebangun. Guru memberikan bantuan bagi siswa yang mengalami kesulitan.
c.       Secara individu siswa mengerjakan soal yang diberikan guru, kemudian dikumpulkan..

Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
2.      Siswa diberi tugas PR
3.      Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi


Pertemuan kedua
Waktu : 2 X 40’
Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

a.       Apersepsi : - Membahas soal PR yang sulit
b.    Menyampaikan tujuan pertemuan ini, yaitu:
 1. Siswa dapat memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan segitiga.
c.  Motivasi   :  Materi ini jika dikuasai dengan baik, bermanfaat dalam memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.

Kegiatan Inti :
1.      Siswa dibagi menjadi kelompok dengan anggota 5 orang siswa. Masing-masing kelompok diberi soal Latihan 1.8 halaman 27 Nomor 7 s.d. 10 buku paket (Matematika Menyenangkan) yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang diambilkan dari buku sumber yang berkaitan dengan kesebangunan segitiga. Guru mengawasi jalannya diskusi dan membantu siswa yang memerlukannya.
2.      Setelah waktu yang ditentukan habis, wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi, sedang guru bertindak sebagai fasilitator.
3.      Guru memberikan tes individu dengan soal pada lembar penilaian..

Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
2.      Siswa diberi tugas PR
3.      Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi

E.     Alat dan sumber Belajar
Buku teks, penggaris, busur derajat, dan jangka.

F.     Penilaian
Teknik : tes lisan dan tes tetulis
Bentuk instrumen : uraian
Instrumen  :




Pertemuan pertama :
1.      Hitung panjang a dan b pada gambar berikut:








 







Alternatif jawaban
                                             

       30a = 24 x 38                                     12b = 15 x 8
          a =  912 : 30                                    b  = 120 : 12
          a = 30,4                                           b = 10
Pertemuan kedua :
  1. Sebuah gambar yang berukuran p=8 cm dan l=6 cm ditempel pada selembar kertas yang berukuran l=18 cm . Disebelah kiri  dan atas gambar masih ada sisa selebar 6 cm . Jika gambar dan kertas sebangun berapa lebar sisa kertas dibawah gambar?
  2. Sebuah foto berukuran  6 cm X 9 cm ditempelkan pada selembar karton berbentuk persegipanjang berukuran 50 cm X 70 cm.
a.       Mengapa foto dan karton tersebut tidak sebangun? Beri penjelasan
b.      Ukuran karton yang mana harus ditambah atau dipotong supaya sebangun?

Alternatif Jawaban
  1. Panjang kertas = 24 cm
Lebar sisa kertas dibawah gambar= 24 – 6 -6 = 12 cm
  1. A. Panjang sisi-sisi yang bersesuaian tidak memiliki perbandingan senilai
b. panjang karton 70 cm ditambah sehingga menjadi 75 cm atau lebar yang berukuran 50 cm dipotong sehingga menjadi 46, 7 cm

Pedoman penskoran
         ( Skor perolehan : Skor maximal ) x 100



             
              Sumbawa, 7 Juli 2012

Mengetahui                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1 Unter Iwes                                             Matematika




PUNIJAN, S.Pd                                                                MUHAMMAD ABROR, S.Pd
      NIP. 19710201 199703 1 012                                            NIP. 19721007 199803 1 004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar