RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : IX / 5
Standart Kompetensi :
2 . Memahami sifat-sifat tabung,
kerucut dan bola serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
2.3 Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola.
Indikator :
Menggunakan rumus luas dan
volume tabung, kerucut dan bola. untuk
memecahkan masalah
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan)
Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan
:
Mandiri, berfikir logis, kritis, kerjasama,
saling menghargai, percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan
dan kekurangan
A.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Siswa dapat
menggunakan rumus luas tabung, kerucut dan bola untuk memecahkan masalah
2.
Siswa dapat
menggunakan rumus volum tabung, kerucut dan bola untuk memecahkan masalah
B.
Materi Ajar
:
1.
Menggunakan rumus luas tabung, kerucut dan bola untuk
memecahkan masalah
2.
Menggunakan rumus volum tabung, kerucut dan bola untuk
memecahkan masalah
C. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Think
Pare and share
Kooperatif Jigsaw.
Metode : Tanya Jawab, diskusi dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Waktu : 2 x
40’
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
Apersepsi : a.
Membahas PR yang sulit
b. Mengingat kembali rumus luas tabung,
kerucut dan bola
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu :
1. siswa dapat memecahkan soal sehari-hari yang berkaitan dengan luas
tabung, kerucut dan bola
Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik maka
siswa akan dapat menghitung
luas bangun dari materi yang dikaitkan dengan
kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti : (60’)
1.
Dengan Tanya jawab guru membimbing siswa mengingat
kembali langkah-langkah untuk
menentukan rumus luas bangun ruang sisi lengkung yang akan didiskusikan.
2.
Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS
3.
Guru mengawasi jalannya diskusi dan membantu siswa yang
mengalami kesulitan.
4.
Pasangan terpilih mempresentasikan hasil kerjanya,
pasangan yang lain menanggapinya.
5.
Siswa diberi tes individu dengan soal pada lembar
penilaian individu .
Penutup : (10’)
1.
Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
2.
Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran yang baru dilaksanakan
3.
Siswa diberi PR
Pertemuan Kedua
Waktu : 2 x 40’
Pendahuluan (10’)
- Guru datang tepat waktu (disiplin)
- Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
- Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
- Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
- Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.
Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin,
santun, peduli)
8.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
Apersepsi
: a. Membahas PR yang sulit
b. Dengan Tanya jawab siswa
diingatkan tentang rumus volume bangun
ruang sisi lengkung.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kedua yaitu :
2. siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
volume tabung, kerucut dan bola.
Kegiatan Inti (65’)
1.
Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara
heterogen dengan jumlah anggota perkelompok 6 siswa (kelompok awal)
2.
Masing-masing kelompok diberi soal untuk didiskusikan
(LKS ). anggota kelompok no 1&2 mengerjakan soal no 1, anggota no 2&3
mengerjakan soal no 2, anggota no 4&5 mengerjakan soal no 3.
3.
Anggota dari seluruh kelompok yang mendapatkan soal
yang sama, berkumpul untuk membahas penyelesaian dari soal ( kelompok ahli)
4.
Guru mengawasi jalannya diskusidan memberi bantuan pada
kelompok yang mengalami kesulitan.
5.
Hasil kerja/ diskusi kelompok ditulis dalam lembar
hasil kerja kelompok
6.
Anggota kelompok ahli kembali ke kelompok semula dan
mennyampaikan hasil diskusinya,anggota kelompok yang lain memperhatikan dan
mencatat
7.
Kelompok terpilih diminta untuk mempresentasikan hasil
diskusinya dan kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh
guru.
8.
Siswa diberi soal tugas individu
Penutup : (5’)
1.
Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
2.
Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran yang baru dilaksanakan
3.
Guru memberikan tugas untuk PR .
E. Alat dan sumber belajar
·
Model matematika dari kehidupan sehari-hari
·
LKS
·
Buku Teks
F. Penilaian
Pertemuan Pertama
Waktu : 10’
Tehnik : tes
Bentuk
instrument : Tertulis (uraian)
Topi adik dibuat dari karton.
|
Pertemuan Kedua
Waktu : 15’
Tehnik : tes
Bentuk
instrument : tertulis (uraian)
1. Sebuah tabung berisi jus buah.
|
|
2.
Diketahui jari-jari sebuah balon 18 cm, karena takut
meletus maka jari-jari balon diperkecil menjadi 14 cm, tentukanlah :
- Besar perubahan volum balon
- Perbandingan kedua volum balon
KUNCI
Pertemuan Pertama
1. L karton = p rs +
( Lbesar
- Lkecil)
= . 7 cm . 25 cm + (3,14 .10.10 cm - . 7 cm . 7 cm)
= 550 cm2 + (314 cm2 –
154 cm2)
= 710 cm2
Pertemuan Kedua
1.
Banyak gelas = = = 98 gelas
2. Besar perubahan V balon = V besar
– V kecil
=
= 24416,6 cm3 –
11498,6 cm3
= 12,918 cm3
Pedoman penskoran
( Skor perolehan : Skor maximal ) x 100
Sumbawa, 7 Juli 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1
Unter Iwes Matematika
PUNIJAN, S.Pd MUHAMMAD
ABROR, S.Pd
NIP. 19710201 199703 1 012 NIP. 19721007 199803 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar