Senin, 26 November 2012

RPP Bangun Ruang Sisi Lengkung KD 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                            : SMP NEGERI 1 UNTER IWES
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER         : IX / 5

Standart Kompetensi :
2 . Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar     :
2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola.

Indikator                    :
Menggunakan rumus luas dan volume   tabung, kerucut dan bola. untuk memecahkan masalah

Alokasi waktu                        : 4 jam pelajaran (2 pertemuan)

Pendidikan Karakter siswa yang ditanamkan  :   
      Mandiri, berfikir logis, kritis, kerjasama, saling menghargai, percaya diri, jujur, tanggung jawab, mengetahui kelebihan dan kekurangan

A.    Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa  dapat menggunakan rumus luas tabung, kerucut dan bola untuk memecahkan masalah
2.      Siswa  dapat menggunakan rumus volum tabung, kerucut dan bola untuk memecahkan masalah

B.     Materi Ajar :
1.      Menggunakan rumus luas tabung, kerucut dan bola untuk memecahkan masalah
2.      Menggunakan rumus volum tabung, kerucut dan bola untuk memecahkan masalah

C.    Model dan Metode Pembelajaran
Model   :   Think Pare and share
            Kooperatif Jigsaw.
Metode :   Tanya Jawab, diskusi dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Waktu : 2 x 40’
Pendahuluan
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

Apersepsi : a. Membahas PR yang sulit
 b. Mengingat kembali rumus luas tabung, kerucut dan bola
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu :
1. siswa dapat memecahkan soal sehari-hari yang berkaitan dengan luas tabung, kerucut dan bola
Motivasi    : Jika materi ini dikuasai dengan baik maka siswa akan dapat menghitung
                    luas bangun dari materi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti : (60’)
1.      Dengan Tanya jawab guru membimbing siswa mengingat kembali langkah-langkah   untuk menentukan rumus luas bangun ruang sisi lengkung yang akan didiskusikan.
2.      Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS
3.      Guru mengawasi jalannya diskusi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
4.      Pasangan terpilih mempresentasikan hasil kerjanya, pasangan  yang lain menanggapinya.
5.      Siswa diberi tes individu dengan soal pada lembar penilaian individu .

Penutup : (10’)
1.      Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
2.      Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan
3.      Siswa diberi PR
Pertemuan Kedua
Waktu           : 2 x 40’

Pendahuluan  (10’)
  1. Guru datang tepat waktu (disiplin)
  2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
  3.  Berdoa sebelum membuka pelajaran (religius)
  4. Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
  5.  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (religius, peduli)
  6.  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (disiplin)
7.       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (disiplin, santun, peduli)
8.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
Apersepsi :    a. Membahas PR yang sulit
  b. Dengan Tanya jawab siswa diingatkan tentang rumus volume bangun
        ruang sisi lengkung.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kedua yaitu :
2. siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan volume tabung, kerucut dan bola.

Kegiatan Inti (65’)
1.      Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah anggota perkelompok 6 siswa (kelompok awal)
2.      Masing-masing kelompok diberi soal untuk didiskusikan (LKS ). anggota kelompok no 1&2 mengerjakan soal no 1, anggota no 2&3 mengerjakan soal no 2, anggota no 4&5 mengerjakan soal no 3.
3.      Anggota dari seluruh kelompok yang mendapatkan soal yang sama, berkumpul untuk membahas penyelesaian dari soal ( kelompok ahli)
4.      Guru mengawasi jalannya diskusidan memberi bantuan pada kelompok yang mengalami kesulitan.
5.      Hasil kerja/ diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
6.      Anggota kelompok ahli kembali ke kelompok semula dan mennyampaikan hasil diskusinya,anggota kelompok yang lain memperhatikan dan mencatat
7.      Kelompok terpilih diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
8.      Siswa diberi soal tugas individu

Penutup : (5’)
1.      Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
2.      Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan
3.      Guru memberikan tugas untuk PR .

E.     Alat dan sumber belajar
·         Model matematika dari kehidupan sehari-hari
·         LKS
·         Buku Teks

F.     Penilaian
Pertemuan Pertama
Waktu                   : 10’
Tehnik                   : tes
Bentuk instrument : Tertulis (uraian)
Topi adik dibuat dari karton.
24 cm
 
Berapakah luas kertas karton yang diperlukan untuk membuat topi tersebut ?


 






Pertemuan Kedua
Waktu                         : 15’
Tehnik                         : tes
Bentuk instrument      : tertulis (uraian)



 
1.   Sebuah tabung berisi jus buah.
220 ml
 
35 cm
 
Tini memasukkan jus tersebut ke dalam gelas dengan volum 220 ml. Berapa banyak gelas yang diperlukan Tini, agar jus didalam tabung itu habis.
2.      Diketahui jari-jari sebuah balon 18 cm, karena takut meletus maka jari-jari balon diperkecil menjadi 14 cm, tentukanlah :
    1. Besar perubahan volum balon
    2. Perbandingan kedua volum balon

KUNCI
Pertemuan Pertama
1. L karton = p rs + ( Lbesar - Lkecil)
               = . 7 cm . 25 cm + (3,14 .10.10 cm - . 7 cm . 7 cm)
               = 550 cm2 + (314 cm2 – 154 cm2)
               = 710 cm2

Pertemuan Kedua
1.      Banyak gelas = =   = 98 gelas

2.   Besar perubahan V balon = V besar – V kecil
                                           =
       = 24416,6 cm3 – 11498,6 cm3
       = 12,918 cm3

Pedoman penskoran
         ( Skor perolehan : Skor maximal ) x 100


              Sumbawa, 7 Juli 2012

Mengetahui                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1 Unter Iwes                                             Matematika






PUNIJAN, S.Pd                                                                MUHAMMAD ABROR, S.Pd
      NIP. 19710201 199703 1 012      NIP. 19721007 199803 1 004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar